Pesona Dian Sastrowardoyo dalam Balutan Kain Batik

Siska Permata Sari ยท Rabu, 02 Oktober 2019 - 21:03 WIB
Pesona Dian Sastrowardoyo dalam Balutan Kain Batik

Dian Sastro tampil cantik dengan balutan kain batik. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Batik menjadi salah satu identitas Indonesia yang menjadi warisan budaya bangsa. Tak sekadar berupa kain atau pakaian, tetapi juga mengandung nilai-nilai filosofi hidup.

Aktris Dian Sastrowardoyo turut merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh hari ini, Rabu (2/10/2019). Melalui media sosial Instagramnya, aktris Ada Apa Dengan Cinta (AADC) tersebut mengunggah sejumlah potret dirinya yang hanya dibalut oleh kain batik.

"Hari Batik Nasional," tulis Dian Sastrowardoyo, seperti dikutip dari Instagram miliknya, Rabu (2/10/2019).

Berpose dalam balutan kain batik dengan berbagai corak, Dian mengungkapkan betapa pentingnya batik yang tak sekadar kain.

"Jaman dulu leluhur kita pake kain batik sebagai pakaian kebesaran dan pakaian buat berangkat perang. Di setiap garis dan titik, tersembunyi doa dan keinginan para pembatiknya. Dan karena jaman dulu kegiatan membatik itu adalah bentuk berdoa kepada Yang Maha Kuasa, nggak jarang doa doa itu terkabulkan.. kepada mereka yang mengenakan kain batik itu," tulis aktris kelahiran Maret tersebut.

"Konon kata almarhum eyang bapak, jaman dulu pasukan kerajaan-kerajaan Nusantara berangkat perang dengan batik, peluru maupun pedang nggak bisa tembus. Mungkin mereka terlindungi oleh doa yang sudah berubah ujud menjadi kain batik tersebut."

Dian mengatakan, kalau dirinya bisa membatik, dia ingin melindungi keluarganya dengan mendadani mereka dengan batik bikinannya sendiri. Dia juga menuliskan harapannya di Hari Batik Nasional ini untuk para pembatik di Indonesia.

"Semoga ibu-ibu pembatik yang sampai sekarang ini masih ada di jaman modern selalu terlindungi dan terberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa. Karena doa merekalah yang kita nikmati dalam kain batik-batik tulis yang masih diproduksi sampai sekarang ini. Semoga kebaikan dan ketekunan ibu ibu dan bapak sekalian dibalas berlipat-lipat gandanya oleh Tuhan Yang Maha Pemurah. Amin," tulis Dian dalam keterangan fotonya.

Sebagai warga negara Indonesia dan figure publik, Dian Sastrowardoyo merasa bangga mengenakan kain batik. "Saya orang Indonesia. Saya pakai Batik untuk merayakan rasa bangga yang terasa dari dalam diri. Terima kasih saya dilahirkan jadi orang Indonesia," tulis Dian Sastrowardoyo.

Editor : Tuty Ocktaviany