Profil Citra Dewi, Artis Lawas Indonesia yang Tetap Eksis Selama 5 Dekade

Inas Rifqia Lainufar ยท Rabu, 07 September 2022 - 17:37:00 WIB
Profil Citra Dewi, Artis Lawas Indonesia yang Tetap Eksis Selama 5 Dekade
Profil Citra Dewi (Foto: PInterest)

JAKARTA, iNews.id - Meskipun kini telah meninggal dunia, Citra Dewi begitu melegenda dalam dunia perfilman Indonesia. Tak main-main, ia telah membintangi puluhan film selama berkarier menjadi seorang aktris.

Berbagai penghargaan bergengsi pun telah didapatkan. Namun di balik kiprahnya menjadi seorang aktris, karier Citra Dewi sempat ditentang oleh keluarganya.

Lantas, bagaimana sosok artis lawas Citra Dewi? Simak profilnya beirkut ini.

Profil Citra Dewi

Citra Dewi lahir di Cirebon, Jawa Barat, 26 Januari 1934. Nama aslinya adalah Roro Patma Dewi Tjitrohadikusumo yang kemudian diganti oleh sutradara Usmar Ismail menjadi Citra Dewi.

Ia terlahir dari keluarga bangsawan asal Kaprabonan Cirebon. Sejak kecil, Citra Dewi sudah tertarik dengan dunia seni peran hingga akhirnya membawanya ke Perusahaan Film Nasional (Perfini) milik Usmar Ismail. 

Karena tidak ada anggota keluarganya yang terjun di dunia perfilman sebelumnya, ia sering dipandang rendah oleh keluarganya saat memutuskan menjadi seorang aktris. Namun anggapan negatif tak membuatnya gentar untuk menjajaki bidang seni peran.

Ia pun mendapatkan peran pertamanya dalam film berjudul ‘Tamu Agung’ pada tahun 1955. Namun namanya baru melejit saat membintangi film berjudul ‘Tiga Dara’ pada tahun 1956.

Sayangnya, melejitnya Citra Dewi di dunia hiburan tidak diiringi dengan kesuksesannya dalam rumah tangganya. Setelah ia merengkuh popularitas dari film Tiga Darah, Citra Dewi dan sang suami pun memutuskan untuk bercerai.

Sebagai informasi, Citra Dewi telah menikah muda sejak usia 16 tahun. Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai 3 orang anak laki-laki.

Kariernya di dunia hiburan pun melejit pesat hingga membuatnya menjadi aktris populer tiga zaman. Sebanyak 80 film telah ia bintangi sepanjang kariernya.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda