Punya Modal Terbatas? Begini Tips Sulap Hobi Jadi Bisnis ala Sandiaga Uno

Rizqa Leony Putri ยท Rabu, 19 Agustus 2020 - 14:34 WIB
Punya Modal Terbatas? Begini Tips Sulap Hobi Jadi Bisnis ala Sandiaga Uno

Sandiaga Uno berbagi tips sulap hobi jadi bisnis. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Banyak orang masih merasa ragu ketika ingin memulai bisnis. Selain karena risiko yang menanti, mereka juga harus menyiapkan modal yang cukup besar.

Namun, ada cara lain yang bisa diterapkan untuk menyiasati keterbatasan modal, yaitu menyulap hobi menjadi bisnis seperti yang disampaikan Sandiaga Uno di program Kata Sandi, iNews. Dia pun memberikan beberapa tips terkait memulai bisnis dari hobi.

"Memulai bisnis tidak harus dengan biaya yang besar. Anda dapat memulai bisnis dengan modal skill dari hobi Anda," ujar Sandiaga, seperti dikutip dari iNew.id pada Rabu (19/8/2020).

Menurut Sandiaga, dalam memulai bisnis, mulailah dari hal yang kecil. Tak hanya itu, penting bagi seseorang mempersiapkan dirinya untuk bersaing.

"Jadikan hobi Anda sebagai pekerjaan sampingan. Contohnya hobi menulis, kembangkan bakat Anda untuk orang lain tertarik dengan hobi Anda," ucapnya.

Kemudian, lanjut Sandiaga, penting untuk menghilangkan rasa takut dalam diri. Yakinkan diri untuk terus melaju dan melakukannya.

"Hilangkan rasa takut dan tetap lakukan saja, just do it. Beberapa orang berani mengambil risiko resign untuk menjadikan hobinya sebagai pekerjaan utama. Tentunya ini sering menimbulkan ketakutan untuk memulai," ucap Sandi.

Namun begitu, menurutnya, akan lebih baik ketika seseorang sudah terlebih dahulu mencoba. Namun, tak lupa untuk terus berikhtiar atau berusaha.

"Janganlah takut mencoba karena Anda tidak akan pernah tahu akan berhasil atau tidak. Lebih baik mencoba, fokus pada ikhtiar, hasil tidak akan mengkhianati ikhtiar kita," katanya.

Terakhir, memperbanyak jaringan dapat membantu memudahkan seseorang untuk bertukar pikiran. Selain itu, dapat meminta bantuan dalam perjalanan memulai bisnis.

"Perbanyaklah jaringan, networking, silaturahim. Bangunlah koneksi seluas mungkin. Hal ini akan memudahkan Anda bertukar pikiran, meminta pendapat, serta memudahkan untuk meminta bantuan memulai bisnis." kata Sandiaga.

Editor : Tuty Ocktaviany