Sukses Berkarier Jadi Musisi Campursari, Nur Bayan Ogah Disebut Gantikan Didi Kempot

Rizqa Leony Putri ยท Senin, 05 Oktober 2020 - 17:46:00 WIB
Sukses Berkarier Jadi Musisi Campursari, Nur Bayan Ogah Disebut Gantikan Didi Kempot
Nur Bayan ogah disebut gantikan maestro Didi Kempot. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Sukses menjadi pencipta dan penyanyi lagu campursari, ternyata perjalanan karier Nur Bayan cukup berliku. Bahkan, pria 37 tahun ini mengaku sempat menjadi operator sound.

Hal ini diungkapkan Nur Bayan ketika menjadi bintang tamu dalam acara Call Me Mel, iNews. Dalam kesempatan tersebut, Nur Bayan bercerita soal perjalanan kariernya yang penuh lika-liku.

"Dulu memang saya kerja jadi kru, ikut di sound system, gulung kabel, angkat salon," kata Nur Bayan seperti dikutip dari Call Me Mel, iNews, Senin (5/10/2020).

Nur Bayan menjelaskan bahwa dirinya pernah bekerja di belakang panggung. Menjadi operator sound, Nur Bayan bahkan pernah ikut bekerja pada acara pernikahan hingga khitanan.

"Dulu masih belum gondrong, sering ikut hajatan, mantenan, sunatan. Pasang-pasang sound system," ujar Nur Bayan.

Setelah sukses dengan lagu ciptaannya, Oplosan, karier Nur Bayan diakuinya semakin membaik. Terlebih ketika lagu ciptaannya tersebut dibawakan oleh Soimah dan berhasil diterima oleh masyarakat luas.

"Lagu ini aku buat di Kediri, Jawa Timur. Terus akhirnya lagu itu bisa diterima masyarakat, mulai meluas," kata Nur Bayan.

"Dibawa oleh Mbak Soimah dan beliau memberi peluang kepada seniman daerah seperti saya untuk masuk TV," ujarnya.

Malang-melintang sebagai musisi campursari, membuat Nur Bayan kerap disebut sebagai pengganti musisi senior almarhum Didi Kempot. Namun, Nur Bayan mengaku hal itu terlalu berlebihan.

"Kalau menggantikan, terlalu berlebihan menurut saya. Saya berangkat dari anak band, main di festival pernah, main di kafe pernah," kata Nur Bayan.

Nur Bayan mengaku hampir tak pernah membayangkan akan menjadi penyanyi yang dikenal masyarakat seperti saat ini. Sebab dahulu, dirinya hanyalah seorang penyanyi kafe daerah yang terinspirasi dari sosok Didi Kempot.

"Untuk mimpiku menjadi seorang artis tuh hampir enggak mungkin kalau aku cuma di daerah. Akhirnya aku bercermin dari Didi Kempot, beliau guru saya juga," ujarnya.

"Saya banyak bercermin dari Mas Didi Kempot, itu akhirnya lagu-lagu Jawa bisa diterima di nasional gitu," kata Nur Bayan.

Dia mengaku banyak bercermin dari karya-karya mendiang Didi Kempot. Namun, Nur Bayan mengaku keberatan jika mendapat sebutan sebagai pengganti Didi Kempot.

"Jadi bukan menggantikan, mungkin penerus ya, pelestari budaya. Mungkin seperti itu," ujar Nur Bayan.

Editor : Tuty Ocktaviany