Tak Mau Kalah Raup Keuntungan Besar, Kini Giliran Ruben Onsu Gabung di Shopee Live
Lantas, seperti apakah sebetulnya kondisi pasar untuk fitur live streaming shopping di Indonesia tahun ini?
Seperti diketahui, saat ini live streaming shopping merupakan magnet kuat untuk banyak pihak. Cara belanja baru yang interaktif memberi keuntungan bagi penjual untuk lebih dekat dengan konsumen, menghadirkan keseruan dan kesempatan untuk mengetahui lebih detil mengenai sebuah produk bagi pembeli dan membuka peluang baru bagi streamer dan deretan selebriti. Sebagai pemain lama, Shopee, masih terus mempertahankan posisi di peta persaingan e-commerce di Indonesia, jauh melampaui TikTok Shop.
Sementara itu, sebagai pemain baru, TikTok Shop pun belum bisa mengejar ketertinggalannya. Mengutip juga dari laporan Momentum Works bertajuk ‘e-Commerce Southeast Asia 2023’, secara nilai transaksi bruto per e-commerce selama tahun lalu, Shopee masih jauh memimpin atau secara angka hampir 11 kali lipat dibandingkan TikTok Shop.
Posisi kuat Shopee pada peta persaingan e-commerce saat ini, nyatanya juga memberikan pengaruh signifikan pada realita pasar belanja live streaming shopping. Melalui riset dari Populix berjudul 'Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia', terungkap bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling disukai (66 persen), jauh melampaui para pesaingnya, seperti pemain baru TikTok Live (28 persen).
Hal ini selaras dengan paparan data dimana Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56 persen), jauh melampaui para pesaing lainnya seperti TikTok Live dengan persentase 30 persen. Sejalan dengan persebaran preferensi masyarakat Indonesia saat berbelanja melalui fitur live streaming, di mana salah satunya mencari Live Shopping dengan penawaran paling menarik.
Sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik. Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91 persen), diskon (87 persen), cashback (65 persen), voucher belanja (47 persen), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).

Dari data hasil riset tersebut, bisa disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar. Dengan preferensi penawaran menarik yang masih menjadi daya tarik utama bagi masyarakat Indonesia, dapat disimpulkan Shopee masih memimpin peta persaingan industri e-commerce, baik secara gambaran besar ataupun saat difokuskan pada fitur live streaming shopping.
Melihat data-data tersebut, sepertinya dasar ini lah yang menjadi dorongan bagi Ruben Onsu untuk memutuskan memfokuskan live streaming dengan akun @bensmarket_official di Shopee Live mulai 31 Juli 2023 mendatang. Kira-kira siapa lagi ya artis yang akan menambah lapak jualan streamingnya ke Shopee Live?
Editor: Rizqa Leony Putri