Tampil di Pentas Wayang Orang Sang Sukrasana, Lukman Sardi: Proses Baru Buat Gue

Siska Permata Sari ยท Senin, 18 November 2019 - 12:27 WIB
Tampil di Pentas Wayang Orang Sang Sukrasana, Lukman Sardi: Proses Baru Buat Gue

Tampil di Pentas Wayang Orang 'Sang Sukrasana', Lukman Sardi: Proses Baru Buat Gue (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Terbiasa tampil di layar kaca dan layar lebar, aktor Lukman Sardi kemarin berkesempatan untuk berakting di pementasan wayang orang 'Sang Sukrasana'. Ini merupakan kali pertamanya bagi Lukman untuk bermain dalam pementasan wayang orang.

Tak tanggung-tanggung, pertama kali main wayang orang, pemain watak tersebut memerankan karakter utama, yaitu Sukrasana. Sukrasana adalah sosok ksatria sakti mandraguna yang memiliki kekuatan luar biasa. Namun, Sukrasana memiliki wajah yang buruk rupa.

Bagi Lukman, mulanya dia tidak terpikir untuk bermain dalam pementasan wayang orang. Namun, kali ini ia diberi kesempatan oleh Laskar Indonesia Pusaka untuk menjadi karakter utama dalam lakon wayang orang 'Sang Sukrasana' di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Minggu, 17 November 2019.

"Akhirnya sampai di hari ini, "Sang Sukrasana," sebuah proses baru yang luar biasa buat gue. Wayang orang, nggak pernah berfikir diberikan kesempatan untuk tampil dalam sebuah pertunjukan wayang orang dan ternyata kesempatan itu hadir," kata Lukman Sardi seperti dikutip dari Instagram, Minggu (17/11/2019).

Bagi pria 48 tahun tersebut, bermain pementasan wayang orang tak sekadar kesempatan luar biasa, tetapi juga sebuah berkat.

"Ini adalah berkat sekaligus cara gue untuk berterima kasih pada dunia kebudayaan Indonesia yang begitu kaya, begitu berwarna, begitu beragam, dan tentunya punya isi dan rasa yang luar biasa. Ini juga bagian gue ikut serta melestarikan budaya kita, mengenalkan dan membuat anak cucu gue akan selalu mencintai budaya negeri tercinta Indonesia," tulis Lukman lagi.

Dia juga berterima kasih pada Laskar Indonesia Pusaka selaku pihak penyelenggara yang telah memberikannya kesempatan bermain dalam pentas wayang orang tersebut. Di pementasan wayang orang ini, Lukman Sardi beradu akting dengan Wayang Orang Bharata, PATI, sejumlah aktris tanah air, serta Prajurit TNI, Polri, dan para purnawirawan.

Selain Lukman, aktris yang terlibat dalam pementasan 'Sang Sukrasana' ini di antaranya Maudy Koesnadi sebagai Dewi Citralangeni, Asmara Abigail sebagai Dewi Citrawati, Ruth Marini, Inayah Wahid, dan Tina Toon.

Editor : Dini Listiyani