Alvin & Friends

Tenar Berkat Lagu Tombo Ati, Opick Kisahkan Lika-liku Awal Hidupnya

Siska Permata Sari ยท Kamis, 07 November 2019 - 19:51 WIB
Tenar Berkat Lagu Tombo Ati, Opick Kisahkan Lika-liku Awal Hidupnya

Alvin Adam bersama Opick untuk program Alvin & Friends, iNews. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Lagu Tombo Ati sangat lekat pada sosok penciptanya, yaitu Aunur Rofiq Lil Firdaus atau terkenal disebut Opick. Berawal dari sinilah kehidupan Opick berubah, mulai dari genre musik hingga penampilannya yang agamis dengan gamis putih dan sorban.

Padahal sebelum menyanyikan lagu-lagu religi, Opick merupakan seorang musisi yang telah merilis satu album bergenre musik pop dan rock bertajuk "Tak Ada Habisnya" tahun 2003.

Beberapa tahun kemudian, barulah Opick merilis album 'Istighfar' tahun 2005. Album yang sukses besar dengan mencetak dobel platinum setelah berhasil menjual lebih dari 300 ribu kopi. Dalam album itulah, pria asal Jember ini memasukkan single Tombo Ati yang sangat populer.

Menyanyikan lagu religi dan mengubah penampilannya, banyak yang menganggap Opick adalah seorang ustaz atau kiai.

Opick pun buka-bukaan tentang kehidupan awalnya hingga terkenal seperti sekarang dan memiliki Rumah Tombo Ati yang menjadi hunian sekaligus tempat mengabdi kepada umat, di acara talkshow Alvin & Friends.

"Saya bukan ustaz, saya bukan kiai. Saya seniman, saya penyair, apa yang bisa saya buat untuk menjadi nasihat pada diri saya sendiri, saya menulis nasihat untuk saya sendiri. Kalau ada yang terinspirasi, terima kasih," tutur pria kelahiran Jember Jawa Timur kepada host Alvin & Friends, Alvin Adam di Rumah Umat Tombo Ati, Cakung, Jakarta Timur, belum lama ini.

Namun, sebutan seperti ustaz atau kiai yang merujuk kepadanya, Opick mengaku hal tersebut menjadi sebuah motivasi untuk memperbaiki diri lagi. Apalagi baru-baru ini Opick diamanahkan untuk menyimpan sehelai rambut Nabi Muhammad SAW.

"Jadi ini saya jadikan sebagai ruang pemicu untuk harus dan terus memperbaiki diri, mengolah diri, untuk menyusur sisa waktu kita yang tersisa," ucap Opick.

Penasaran dengan cerita lengkap Opick dan rambut Nabi Muhammad SAW yang disimpan di Rumah Umat Tombo Ati? Saksikan selengkapnya di program Alvin & Friends, Senin 11 November 2019, pukul 21.00 WIB di iNews.


Editor : Tuty Ocktaviany