Begini Keindahan Masjid Agung Sultan Qaboos di Muscat Oman

Masirom ยท Senin, 11 November 2019 - 15:03 WIB

MUSCAT, iNews.id - Masjid Agung Sultan Qaboos atau Sultan Qaboos Grand Mosque merupakan destinasi wisata populer di Muscat, Oman. Tak lengkap rasanya bila ke Muscat tanpa mengunjungi masjid yang diresmikan oleh pemimpin Oman, Sultan Qaboos, pada tahun 2001 ini.

Walau di Timur Tengah, jangan bayangkan areal masjid tandus dan gersang. Masjid Agung Sultan Qaboos dikelilingi taman besar yang terdiri atas aneka macam tanaman yang menyejukkan mata.

Lepas menyusuri taman dan memasuki halaman masjid, kami semakin kagum. Masjid Agung Sultan Qaboos yang dibangun berdasarkan arsitektur Islam terbaik terlihat megah dan indah.

Masjid yang dibangun selama enam tahun ini menghabiskan 300.000 ton batu pasir merah yang diimpor dari India. Masjid Agung Sultan Qaboos menempati lahan seluas 41,6 hektare dengan luas bangunan 4 hektare.

Kubah terbesar setinggi 50 meter dari permukaan lantai. Menara utama setinggi 90 meter dan menara-menara yang lebih pendek 45,5 meter.

Ruang utama masjid berukuran 74,4 x 74,4 meter persegi, yang dapat menampung 6.500 jemaah. Adapun ruang khusus jemaah perempuan bisa menampung 750 orang. Secara keseluruhan, bila ditambah dengan lorong-lorong dan bagian luar, Masjid Agung Sultan Qaboos dapat memuat 20.000 jemaah.

Di ruang utama masjid, ada dua bagian paling menarik, yakni permadani dan lampung gantung. Permadani seluas 70 x 60 meter ini hanya terdiri atas satu lembar. Konon, pembuatan permadani ini membutuhkan waktu empat tahun dan dikerjakan oleh 600 penenun perempuan Iran.

Permadani di Masjid Agung Sultan Qaboos pernah tercatat sebagai permadani buatan tangan terluas di dunia sebelum akhirnya rekor itu dipecahkan oleh permadani di Masjid Agung Syeikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 2007.

Selain karpet, lampu gantung di ruang utama Masjid Agung Sultan Qaboos juga memiliki catatan rekor tersendiri. Lampu gantung sepanjang 14 meter ini juga menjadi yang terbesar kedua di dunia. Pancaran cahaya dari lampu gantung ini menambah keindahan ruang utama masjid.

Video Editor: Ifaldi Musyadat

Editor : Tuty Ocktaviany