Daftar 7 Kasus Besar Sepanjang 2018 yang Menghebohkan Publik

iNews ยท Sabtu, 29 Desember 2018 - 08:32 WIB

JAKARTA, iNews.id - Selama 2018, perjalanan kasus hukum di Indonesia penuh dengan liku. Berikut rangkuman sejumlah kasus hukum besar yang tejadi pada 2018.

Selama 2018, ada 29 kepala daerah terjerat korupsi. Sebanyak 41 anggota DPRD Malang menjadi tersangka menerima suap dan gratifikasi senilai total Rp5,8 miliar terkait pembahasan APBD perubahan di Pemkot Malang tahun anggaran 2015.

Kasus perizinan mega proyek Meikarta tercium aroma suap. KPK menangkap Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin sebagai penerima suap dan Direktur Operasional Grup Lippo, Billy Sindoro sebagai pemberi suap.

Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husein dan sejumlah narapidana termasuk artis Inneke Koesherawati ditangkap penyidik KPK. Terungkap fakta di dalam lapas terdapat sejumlah ruang tahanan mewah.

Drama Setya Novanto (Setnov) dalam kasus mega proyek e-KTP sempat menjadi sorotan publik, mantan Ketua DPR itu dijatuhi hukuman 15 tahun penjara. Menurut hakim, Setnov menyalahgunakan jabatan dan merugikan keuangan negara. Kasus ini juga menyeret mantan pengacara Fredrich Yunadi dan divonis 7 tahun penjara.

Ribuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik alias e-KTP tercecer di sejumlah daerah juga sempat menjadi sorotan warga. Kebanyakan e-KTP tersebut sudah tidak aktif lagi. Polisi memastikan kepingan e-KTP yang bercecer di empat daerah itu tidak berkaitan dan murni tindak kriminal.

Kasus ujaran kebencian yang menjerat musisi dan politikus Ahmad Dhani masih bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel). Dia dituntut dua tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Berikut kaleidoskop daftar 7 kasus terpopuler yang sempat menghebohkan publik sepanjang 2018 selengkapnya dalam video.

Video Editor: Khoirul Anfal

Editor : Dani Dahwilani

Bagikan Artikel: