Hikmah: Kuasai Ilmu Berpuasa agar Bisa Seperti Kupu-Kupu

Muarif Ramadhan, Fajri Gunawan ยท Rabu, 21 April 2021 - 17:12:00 WIB

JAKARTA, iNews.id - Kultum program Hikmah bersama Ustaz Muhammad Muslihin, M.Ag membahas "Manfaat Puasa dari Segi Ilmiah". Berpuasa itu lebih baik untuk kita apabila kita mengetahui ilmunya.

Dalam kajian ilmiah tentang puasa setidaknya ada tiga proses yang kita lalui ketika melaksanakan ibadah puasa, yaitu proses detoksifikasi, rejuvinasi, dan stabilisasi. Proses stabilisasi tubuh harus melibatkan unsur batiniah yaitu bagaimana selain puasa dzohir yang dipandu oleh fikih kita juga harus melaksanakan puasa batin.

Dalam hal ini kita bisa mencontoh dan bahkan berguru kepada ulat yang dalam pandangan lain mungkin bisa memberikan efek gatal, jijik dan lain sebagainya akan tetapi ketika melaksanakan puasa dengan kepasrahan (totalitasnya) ulat mampu bermetamorfosa menjadi kupu-kupu.

Dari sini, sebaiknya kita belajar kepada semesta raya tentang bagaimana hewan-hewan mampu berpuasa dan berhasil menuju tujuannya. Maka apakah kita sebagai makhluk yang diberikan anugerah akal tidak mampu mencapai tujuan berpuasa? Saksikan program Hikmah bersama Ustaz Muhammad Muslihin dalam tayangan video berikut.


Editor : Dani M Dahwilani