TOP 5, PLN Ungkap Penyebab Pemadaman Serentak & Mengenal Tempat Pemakaman Ma'la

Tuty Ocktaviany ยท Jumat, 09 Agustus 2019 - 19:49 WIB

JAKARTA, iNews.id – Pemadaman listrik di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat pada Minggu 4 Agustus 2019, menjadi topik paling banyak menyita perhatian pembaca iNews.id. Pasalnya, banyak dampak yang terjadi akibat pemadaman serentak itu. Selain pemadaman listrik, ada beberapa topik menarik lainnya yang dirangkum dalam iNews.id TOP 5.

TOP 5 pertama, ditempati pemberitaan soal pemadaman listrik di beberapa wilayah Jabodetabek hingga Jawa Barat pada Minggu 4 Agustus 2019. Beberapa kota yang mengalami mati listrik di antaranya Jakarta, Bekasi, Depok hingga Cirebon dan Bandung.

Menidaklanjuti gangguan tersebut, PLN memohon maaf atas terjadinya pemadaman listrik. Dalam penjelasannya, pemadaman terjadi disebabkan gas turbin 1 sampai 6 Suralaya mengalami trip atau gangguan.

Posisi kedua masih terkait pemberitaan soal PLN. Tapi kali ini terkait profil Sripeni Inten Cahyani, bos PLN yang disorot usai listrik padam massal.

Pada Jumat 2 Agustus 2019, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN 2019 menunjuk Inten sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PLN menggantikan Djoko R Abumanan yang berakhir masa tugasnya. Inten sekaligus merangkap sebagai Direktur Pengadaan Strategis BUMN listrik tersebut. Ucapan selamat pun berdatangan.

Namun dua hari berselang, nama Inten kembali jadi pembicaraan. Kali ini bukan uluran tangan dan ucapan selamat, tapi kritik tajam bahkan hujatan.

Penyebabnya, peristiwa listrik padam di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat pada Minggu 4 Agustus 2019. Akibat kejadian itu, Ibu Kota dan beberapa wilayah terdampak ibarat lumpuh.

Kemudian soal pemakaman Ma'la, tempat peristirahatan terakhir KH Maimoen Zubair di Makkah juga menjadi perhatian pembaca iNews.id di posisi ketiga. Pemakaman Ma'la juga disebut jannatul mu'alla. Selain keturunan Nabi Muhammad SAW, di pemakaman Ma'la juga ada ulama Nusantara yang pernah menjadi imam masjidil haram, yakni Syeikh Nawawi Al Bantani.

Lalu, informasi dari LIPI terkait gempa magnitudo 9,0 di selatan Jawa pada 4 abad lalu bisa berulang, menjadi TOP 5 posisi empat. Meski begitu, Kepala LIPI Eko Yulianto mengatakan bahwa hal itu belum diketahui pasti waktunya kapan akan terjadi.

Kemudian di posisi lima, terkait aksi pelemparan batu di Kafe Komandan Tebet, Jakarta Selatan, yang dilakukan oknum suporter klub sepak bola. Kafe Komandan menjadi lokasi nonton bareng final laga Persija vs PSM Makassar pada Selasa 6 Agustus 2019.

Berdasarkan video yang beredar, tampak puluhan pria melempari kafe tersebut. Api berkobar di dekatnya. Kapolsek Tebet Kompol Rachmat Eko Mulyadi yang dikonformasi pun membenarkan kerusuhan itu. Petugas juga telah dikerahkan ke lapangan.

Video Editor: Mochamad Nur
Cameraman: Dharma Pandularas

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel: