TOP 5, Virus Korona Masuk Indonesia dan Penghentian Aktivitas Umrah di Arab Saudi

Tuty Ocktaviany ยท Jumat, 06 Maret 2020 - 21:08 WIB

JAKARTA, iNews.idVirus korona (Covid-19) semakin meluas berdampak ke banyak negara, termasuk Indonesia. Sebanyak dua warga negara Indonesia (WNI) positif virus korona, seperti disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin 2 Maret 2020.

Topik ini pun menjadi perhatian masyarakat dan masuk urutan pertama iNews.id Top 5.

“Orang yang terkena virus korona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” ujar Presiden Jokowi, Senin 2 Maret 2020.

Dia menjelaskan, dua warga Indonesia itu sebelumnya sempat melakukan kontak dengan orang Jepang yang sudah lebih dulu terpapar korona. Ibu dan anak itu kini telah menjalani perawatan intensif.

Kemudian, berita soal inspeksi dadakan (sidak) kepada toko distributor di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) terkait harga jual masker yang melambung tinggi, menempati posisi kedua Top 5. Padahal sekarang, warga sedang membutuhkan alat pelindung tersebut.

Menurut pegawai toko, prinsip ekonomi terjadi bila barang kurang, maka harga juga mengalami kenaikan. Dia juga melarang media meliput kegiatan jual beli di toko alat distributor tersebut.

Di posisi ketiga yang mencuri perhatian hingga kini, yaitu sikap Arab Saudi yang menghentikan semua aktivitas umrah terkait virus korona, termasuk bagi warga lokal. Termasuk juga ziarah ke Masjid Nabawi di Madinah, terkait kekhawatiran penyebaran virus korona.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyatakan, penghentian sementara aktivitas umrah ini berlaku bagi warga lokal maupun warga asing yang bermukim.

"Menangguhkan umrah untuk sementara bagi warga (Saudi) dan semua penduduk di Kerajaan," bunyi pernyataan kementerian, seperti dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA).

Di posisi empat yang tidak kalah mencuri perhatian, yaitu ada beberapa negara dengan pasien virus korona yang berhasil sembuh 100 persen, berdasarkan data WHO dan Global Cases by Johns Hopkins CSSE. Negara tersebut seperti Nepal, Kamboja, Vietnam, dan Sri Lanka.

Lalu di posisi kelima, terkait berita Liverpool telan kekalahan perdana di Premier League. Liverpool secara mengejutkan kalah 0-3 dari Watford pada pekan ke-28 di Vicarage Road Stadium, Minggu (1/3/2020) dini hari WIB. Kekalahan itu menjadi yang pertama bagi The Reds pada Premier League musim ini.

Pemain Watford Ismaila Sarr menjadi mimpi buruk bagi Liverpool, usai mencetak dua gol dalam waktu dekat, yakni pada menit ke-54 dan 60. Sedangkan Troy Deeney menorehkan gol pada menit ke-72.

Video Editor: Mochamad Nur
Cameraman: Irfandi

Editor : Tuty Ocktaviany