TOP 5, Virus Korona Telan Korban di Indonesia dan Sri Mulyani Minta BPJS Buka-bukaan

Tuty Ocktaviany ยท Jumat, 13 Maret 2020 - 21:07 WIB

JAKARTA, iNews.idVirus korona (Covid-19) ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 19 sebagai pandemi karena dampaknya sudah begitu luas. Di Indonesia, seorang pasien positif korona sebagai kasus 25 meninggal dunia dan menjadi topik urutan pertama di iNews.id TOP 5.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona Achmad Yurianto, pasien tersebut merupakan warga negara asing, perempuan berusia 53 tahun. Pasien tersebut merupakan imported case.

”Tadi malam pukul 02.00 WIB lebih sedikit (dini hari) pasien nomor 25 meninggal dunia,” kata Yuri di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/3/1010).

Yuri menuturkan, pasien tersebut sebelumnya dirawat di rumah sakit dalam kondisi sakit berat. Dia menderita diabetes, hipertensi, dan paru menahun, sehingga mengalami komplikasi.

Sementara di posisi kedua, ditempati pemberitaan soal cara unik tukang cukur di China yang memotong rambut pelanggan dari jauh akibat wabah virus korona. Dia menggunakan alat pemotong rambut elektronik yang dihubungkan dengan tongkat.

Video aksi terampil para tukang cukur itu diunggah di media sosial hingga menjadi viral. He Bing, seorang penata rambut berusia 30 tahun, yang merekam adegan unik ini. Dua tukang cukur di dalam video itu merupakan rekan kerjanya di sebuah barbershop di Luzhou, Provinsi Sichuan.

Video tersebut direkam pada 1 Maret 2020 dan menarik perhatian netizen maupun media, seperti South China Morning Post (SCMP) dan New York Post.

Lalu posisi ketiga, soal penangkapan artis Ririn Ekawati atas dugaan kasus narkoba. Pemain film dan bintang iklan tersebut ditangkap petugas Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat.

”Benar ditangkap. Tapi ini lagi diperiksa jadi belum bisa kita komen,” kata Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Audi Latuheru, Minggu (8/3/2020).

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang mendorong BPJS Kesehatan untuk transparan dalam mengelola keuangan, menjadi topik menarik nomor empat. Hal tersebut penting untuk keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Seperti diketahui, iuran BPJS Kesehatan batal naik menyusul putusan Mahkamah Agung. Kondisi keuangan lembaga tersebut diperkirakan tertekan.

"Kami minta BPJS Kesehatan transparan biaya operasional berapa, berapa gajinya, defisit berapa, itu semua kita rangkum supaya masyarakat tahu ini masalah bersama, bukan satu institusi," ujarnya di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Di posisi kelima, ditempati kabar duka dari keluarga besar Kodim 1011/Kuala Kapuas (Klk), Kalimantan Tengah. Komandan Kodim (Dandim) Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono meninggal dunia karena kecelakaan kapal, Senin (9/3/2020).

Bambang gugur dalam tragedi tabrakan antara Longboat L300 milik Dinas Kehutanan dengan kapal speedboat milik TNI AD di Sungai Sabangau Kereng Bangkirai, Kecamatan Sabangau, Kota Palangkaraya, Kalteng. Sejumlah anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) turut jadi korban dalam kecelakaan itu, namun selamat.

Video Editor: Mochamad Nur
Cameraman: Ahmad Ariyanto

Editor : Tuty Ocktaviany