Tumbuhkan Potensi Agrowisata, Pemprov Lampung Kembangkan PKK Agropark Jadi Wisata Edukasi Keluarga

Rizqa Leony Putri ยท Kamis, 12 November 2020 - 21:44:00 WIB

LAMPUNG, iNews.id - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal melakukan penanaman perdana melon dan semangka di PKK Agropark Lampung, Sabah Balau, Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Prosesi penanaman tersebut dilakukan di area seluas tiga hektare dari total luas PKK Agropark Lampung yang mencapai 10 hektare.

Adapun prosesi penanaman tersebut sebagai langkah awal dari upaya yang dilakukan pemerintah untuk melakukan pengembangan eduwisata keluarga bagi masyarakat Lampung. Keberadaan PKK Agropark Lampung ini dinilai dapat mendorong tumbuhnya potensi agrowisata.

Lokasinya yang terbilang strategis dan terletak di pintu gerbang Pulau Sumatra inilah yang membuat Pemerintah Provinsi Lampung berencana untuk terus melakukan pengembangan dalam sektor pariwisata.

"Harapannya ke depan, Agropark PKK Provinsi Lampung dapat dikelola secara lebih profesional menjadi pusat eduwisata unggulan di Lampung," ujar Riana.

Pengembangan buah melon dan semangka yang dilakukan merupakan kerja sama antara TP PKK Provinsi Lampung, Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura dan pihak swasta. Nantinya, lahan kebun seluas 10 hektare ini juga digadang-gadang akan menjadi pusat informasi, riset, penerapan pertanian dan bisnis.

Riana berharap agar PKK Agropark Provinsi Lampung ini dapat dikembangkan menjadi pusat wisata edukasi unggulan. Hal itu agar nantinya masyarakat dapat belajar lebih banyak tentang pertanian sebagai penopang pangan dan perekonomian.

Senada, Gubernur Arinal pun berharap berharap agar PKK, Dinas Pertanian dan pihak swasta dapat terus bekerja sama dalam mengembangkan PKK Agropark Lampung. Terlebih, Lampung diproyeksikan dapat memenuhi pasokan berupa hasil perkebunan termasuk melon dan semangka ke wilayah DKI Jakarta dan daerah lain di Indonesia.

“Oleh karena itu, saya ingin ini dimanfaatkan di samping untuk kebutuhan pendidikan, keragaman komoditi, juga untuk wisata keluarga,” ujar Arinal.

Lebih lanjut, Gubernur Arinal juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut. Pihaknya berharap agar ke depannya, pengembangan PKK Agropark Lampung dapat terus dilakukan.

“Saya ucapkan selamat untuk PKK dan saya harapkan ini dapat terus dikembangkan,” kata Arinal.


Editor : Tuty Ocktaviany