1 Juta Orang Meninggal akibat Covid-19 dalam 3 Bulan, Kasus Kematian Global Tembus 2 Juta

Anton Suhartono ยท Sabtu, 16 Januari 2021 - 06:50:00 WIB
1 Juta Orang Meninggal akibat Covid-19 dalam 3 Bulan, Kasus Kematian Global Tembus 2 Juta
Kasus kematian global akibat Covid-19 tembus 2 juta orang pada 15 Januari 2021 (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Jumlah kasus kematian akibat Covid-19 di seluruh dunia menembus 2 juta orang hingga Jumat (15/1/2021), berdasarkan penghitungan Reuters. Lonjakan kasus kematian ini terjadi saat negara-negara di seluruh dunia memulai program vaksinasi Covid-19.

Butuh 9 bulan untuk mencapai 1 juta kematian pertama secara global, namun hanya 3 bulan untuk menambah 1 juta korban meninggal berikutnya, menjadi 2 juta orang.

Untuk penghitungan pada 2021 saja, angka kematian rata-rata per hari di seluruh dunia mencapai 11.900 lebih. Artinya, 1 nyawa hilang setiap 8 detik.

"Dunia kita telah mencapai tonggak yang menyayat hati," kata Sekjen PBB, Antonio Guterres, dalam sebuah pernyataan yang disampaikan melalui video.

"Di balik jumlah yang mencengangkan ini adalah nama dan wajah senyuman, sekarang hanya tinggal kenangan. Kursi di meja makan yang selamanya kosong, ruangan yang bergema dengan kesunyian orang yang dicintai," katanya, menambahkan.

Berdasarkan prediksi Institute for Health Metrics and Evaluation, kondisi di 2021 tak kalah parahnya. Penghitungan pada 1 April, jumlah kematian global bisa mendekati 2,9 juta orang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah memperingatkan kemungkinan terburuk akan terjadi di tahun ini, apalagi virus corona varian baru sudah menyebar ke banyak negara. Varian ini memang tak menyebabkan penyakit penderitanya semakin parah, namun penularannya sangat cepat.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2