WHO: Tahun Kedua Pandemi Covid-19 Berpotensi Lebih Berat

Djairan · Kamis, 14 Januari 2021 - 18:02:00 WIB
WHO: Tahun Kedua Pandemi Covid-19 Berpotensi Lebih Berat
WHO meminta semua negara mewaspadai varian baru virus corona karena menular lebih cepat. (Foto: Reuters) 

JENEWA, iNews.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan bahwa tahun kedua pandemi Covid-19 berpotensi lebih berat daripada tahun pertama (2020). Ini mengingat penyebaran virus corona varian baru semakin mudah menular, terutama di belahan bumi bagian utara.

“Kita akan memasuki tahun kedua (2021), bahkan bisa lebih sulit, mengingat dinamika transmisi dan beberapa masalah baru yang kami lihat,” kata pejabat tinggi darurat WHO, Mike Ryan, dikutip dari Reuters, Kamis (14/1/2021). 

Jumlah kematian di seluruh dunia saat ini mendekati angka 2 juta orang, sejak pandemi pertama kali berlangsung, dengan 91,5 juta orang positif terinfeksi. WHO, dalam pembaruan publikasi epidemiologi mengatakan, sekitar 5 juta kasus baru dilaporkan minggu lalu, yang kemungkinan dipicu musim liburan.

“Pastinya di belahan bumi utara, khususnya di Eropa dan Amerika Utara, kami telah melihat badai musim dingin, orang-orang berdatangan, percampuran sosial meningkat, juga kombinasi faktor-faktor lain,” kata Ryan.

Pimpinan teknis WHO untuk Covid-19, Maria Van Kerkhove memperingatkan, setelah masa liburan tahun baru lalu situasi penyebaran Covid-19 akan menjadi jauh lebih buruk di beberapa negara.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2