10 Tahun Jadi Anak Asuh George HW Bush, Begini Perasaan Bocah Filipina

Anton Suhartono ยท Minggu, 23 Desember 2018 - 08:26:00 WIB
10 Tahun Jadi Anak Asuh George HW Bush, Begini Perasaan Bocah Filipina
Timothy Villalba saat kecil (Foto: Compassion International)

MANILA , iNews.id - Timothy Villalba, pria Filipina yang pernah menjadi anak asuh mantan Presiden Amerika Serikat (AS) mendiang George HW Bush sangat bersyukur dengan kesuksesannya saat ini.

Menurut dia, sukses ini berkat bantuan Bush yang saat itu sama sekali tidak dia ketahui.

Bush menjadi orang tua asuh bagi Timothy selama 10 tahun, yakni sejak 2002 atau saat berusia 7 tahun dan berhenti 10 tahun kemudian setelah lulus dari sekolah.

"Dari sekian banyak anak, saya lah yang dipilih," kata Timothy kepada stasiun televisi ABS-CBN.

Pria yang kini berusia 25 tahun itu mengatakan, Bush kerap memberinya hadiah, salah satu yang disukainya adalah satu set alat gambar. Dari perlengkapan itu, Timothy mengaku menjadi orang yang kreatif.

Selama 10 tahun, Timothy sama sekali tak mengetahui bahwa orang tua asuhnya adalah George HW Bush. Presiden AS ke-41 itu menggunakan nama samaran yakni George Walker.

Selain memberi hadiah dalam bentuk barang, Bush membantu Timothy dengan memberika uang pendidikan serta makan.

Timothy baru mengetahui orang yang membantunya adalah Bush setelah diberi tahu oleh lembaga sosial yang berlaku sebagai penghubung yakni Compassion International. Saat itu usianya 17 tahun.

"Mengejutkan bahwa dia memang seorang presiden. Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana perasaan saya," ucapnya, mengenang saat pertama kali mengetahui sosok orang tua asuh.

Timothy saat ini telah menilkah dan dikaruniai seorang anak perempuan.

Bush menyembunyikan informasi soal statusnya sebagai orang tua asuh bagi Timothy. Bahkan keluarganya tak ada yang tahu. Hanya lembaga sosial nonprofit selaku perantara, Compassion International, yang mengetahuinya.

Setelah Bush meninggal pada 30 November 2018 atau di usia 94 tahun, Compassion International merilis surat yang membuktikan hubungan mendiang dengan sang anak ke publik.

Bush pertama kali mengirim surat ke Timothy pada 24 Januari 2002. Di situ dia mengungkapkan rasa sukanya kepada Timothy.

"Dear Timothy, saya ingin menjadi sahabat penamu yang baru. Saya seorang pria 77 tahun, tapi menyukai anak-anak. Walaupun kita belum pernah bertemu, saya sudah menyukai kamu. Saya tinggal di Texas, saya akan mengirim surat dari waktu ke waktu. Good luck. G. Walker," isi surat.

Editor : Anton Suhartono