100 Pria Berseragam Tentara Serang Kantor Polisi, Tewaskan Dua Petugas

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 18 September 2020 - 21:01 WIB
100 Pria Berseragam Tentara Serang Kantor Polisi, Tewaskan Dua Petugas

Kelompok gengster di Nigeria kerap mengenakan seragam militer dalam melancarkan aksi kekerasan. (foto: Trend)

GIDAN MADI, iNews.id - Kelompok gengster bersenjata membunuh dua polisi dan lima petani dalam dua serangan terpisah di Nigeria utara pada Kamis (17/8/2020) waktu setempat.

Sekitar 100 orang pria bersenjata yang menyamar menggunakan seragam tentara menyerang kantor polisi di Kota Gidan Madi, negara bagian Sokoto. Dalam insiden itu, dua orang petugas polisi tewas dan lainnya mengalami luka.

Warga di sekitar lokasi kejadian mengatakan bahwa kelompok penyerang menjarah senjata dari kantor polisi sebelum menghilang ke semak-semak.

Mereka diyakini bersembunyi di dekat Hutan Rugu yang membentang melintasi negara bagian Zamfara, Katsina, Kaduna dan Niger.

Serangan kelompok bersenjata itu umumnya dimotivasi oleh uang, tetapi pakar keamanan telah memperingatkan bahwa anggota jihadis di kawasan itu telah menyusup ke barisan mereka.

Tak berselang lama dari penyerangan kantor polisi, sekelompok pria bersenjata yang dicurigai sebagai pencuri ternak melancarkan serangan ke desa pertanian Yanteba di negara bagian Katsina. Serangan tersebut menewaskan lima petani, kata juru bicara polisi negara bagian Gambo Isah dikutip dari AFP, Jumat (18/9/2020).

Serangan itu diduga kuat merupakan aksi balasan atas pembunuhan tiga anggota kelompok itu dua hari sebelumnya.

Geng bersenjata yang disebut bandit oleh penduduk setempat berulang kali menyerang desa-desa di Nigeri tengah dan barat laut. Mereka melakukan aksi kekerasan yakni membunuh, menculik, menjarah serta membakar rumah.

Editor : Arif Budiwinarto