12 Negara Uni Eropa Mulai Menjerit gara-gara Rusia Pangkas Pasokan Gas Jadi 40 Persen Saja

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 17:15:00 WIB
12 Negara Uni Eropa Mulai Menjerit gara-gara Rusia Pangkas Pasokan Gas Jadi 40 Persen Saja
Ilustrasi pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa yang dialirkan lewat pipa. (Foto: Reuters)

BRUSSELS, iNews.id – Sebanyak 12 negara Uni Eropa kini telah terdampak oleh pemangkasan pasokan gas dari Rusia. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kebijakan Iklim Uni Eropa, Frans Timmermans, Kamis (23/6/2022). 

Rusia memangkas aliran gas ke Uni Eropa melalui pipa Nord Stream 1 menjadi 40 persen dari kapasitas pekan lalu. Moskow berdalih, pemangkasan itu dilakukan karena adanya masalah dengan peralatannya. 

Sebelumnya, Rusia sudah lebih dulu memotong pasokan gas ke Polandia, Bulgaria, Belanda, Denmark, dan Finlandia karena negara-negara itu menolak untuk mematuhi skema pembayaran baru yang diajukan Moskow.

Timmermans mengatakan, 10 dari 27 negara anggota Uni Eropa telah mengeluarkan “peringatan dini” akan pasokan gas mereka. Peringatan itu menjadi yang pertama dan yang paling ringan keparahannya dari tiga level krisis yang ditetapkan dalam peraturan keamanan energi Uni Eropa.

“Risiko gangguan penuh (terhadap pasokan) gas sekarang menjadi lebih nyata daripada sebelumnya,” katanya, dikutip Reuters.

Dia pun mengulangi pernyataan Brussels bahwa Rusia telah menjadikan komoditas energi sebagai senjata untuk melawan Barat. Namun, Moskow membantah pemangkasan pasokan gas itu telah direncanakan.

Uni Eropa selama ini memang mengandalkan produk energi Rusia. Sebanyak 40 persen dari total kebutuhan gas mereka dipasok oleh Moskow.

Namun, dengan berkurangnya pasokan Rusia dan melonjaknya harga gas, beberapa negara Uni Eropa telah meningkatkan penggunaan pembangkit listrik tenaga batu bara. Beberapa dari mereka beralasan kebijakan tersebut bersifat sementara dan tidak akan menggagalkan target perubahan iklim.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: