12 Tentara Garda Nasional Bertugas Amankan Pelantikan Joe Biden Dipulangkan, Ini Alasannya

Anton Suhartono ยท Rabu, 20 Januari 2021 - 15:22:00 WIB
12 Tentara Garda Nasional Bertugas Amankan Pelantikan Joe Biden Dipulangkan, Ini Alasannya
12 pasukan Garda Nasional AS ditark dari tugas mereka mengamankan pelantikan Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Sebanyak 12 tentara Garda Nasional Amerika Serikat (AS) dipulangkan dari tugas mereka mengamankan acara pelantikan Joe Biden. Alasannya, mereka diketahui terkait dengan kelompok sayap kanan.

Pejabat Departemen Pertahanan AS mengatakan, dua dari mereka sempat membuat posting-an bernada ekstrim di media sosial yang mengkritik pelantikan Joe Biden.

Dua pejabat AS lainnya, yakni petinggi intelijen dan perwira Angkatan Darat, mengatakan kepada Associated Press, Rabu (20/1/2021), 12 tentara itu kedapatan memiliki hubungan dengan milisi sayap kanan. Namun sejauh ini tak ada indikasi mereka mengancam atau akan mengganggu pelantikan Joe Biden yang berlangsung di Gedung Capitol.

Mereka tidak menyebutkan identitas 12 tentara tersebut, termasuk dari unit mana serta wilayahnya. Semua personel dimaksud dipulangkan dengan alasan keamanan.

Kepala Garda Nasional Daniel Hokanson membenarkan ada anggotanya yang ditarik dan dipulangkan, namun dia menyebut hanya dua orang yang terkait dengan pelantikan presiden, yakni membuat komentar tidak pantas di media sosial masing-masing. 

Sebanyak 10 tentara lainnya dipindahkan karena kekhawatiran pernah tersangkut perbuatan kriminal sebelumnya, tidak terkait langsung dengan pelantikan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2