18 Pesawat China Lakukan Provokasi, Taiwan Kirim Jet Tempur Dilengkapi Misil

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 18 September 2020 - 16:35 WIB
18 Pesawat China Lakukan Provokasi, Taiwan Kirim Jet Tempur Dilengkapi Misil

Jet tempur F-16 milik Taiwan saat ikut dalam latihan militer pada Agustus lalu. (foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.id - Militer Taiwan tak tinggal diam mengetahui belasan pesawat China melintas di wilayah udaranya. Taiwan mengerahkan sejumlah pesawat jet dilengkapi misil untuk mengusir pesawat-pesawat milik Beijing.

Radar militer Taiwan mendeteksi keberadaan 18 pesawat militer China di wilayah zona perbatasan udara (ADIZ) di tengah Selat Taiwan yang sensitif pada Jumat (18/9/2020). Ini merupakan jumlah pesawat China terbanyak yang diketahui masuk ke wilayah udara Taiwan.

Laporan media lokal menyebut kehadiran pesawat-pesawat tempur itu merupakan bagian dari manuver latihan perang militer Beijing di Selat Taiwan. Aktifitas China di wilayah tersebut dianggap sebagai upaya provokasi pada Taiwan yang diklaim sebagai wilayahnya.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengonfirmasi aktifitas ilegal jet-jet tempur China di wilayah ADIZ. Taiwan merespons aktifitas yang disebut sebagai 'ancaman' dengan formasi pencegatan.

"18 September (2020), dua pesawat pengebom H-6, delapan jet tempur J-16, empat jet tempur J-10 dan empat jet tempur J-11 terbang melintasi garis tengah Selat Taiwan dan memasuki wilayah barat laut ADIZ," demikian pernyataan resmi Kementerian Pertahanan Taiwan dikutip dari Reuters, Jumat (18/9/2020).

"ROCAF (Angkata Udara Taiwan) mencegat pesawat-pesawat tersebut serta menyiagakan sistem pertahanan misil anti-serangan udara untuk memantau aktifitas China," lanjut isi pernyataan.

Majalah kenamaan Taiwan, Liberty Times melaporkan jet tempur Angkatan Udara Taiwan sudah melakukan pencegatan sebanyak 17 kali dalam kurun waktu 4 jam pada Jumat pagi waktu setempat.

Mereka telah menyampaikan peringatan pada AU China agar segera menjauh dan tidak berusaha memprovokasi dengan cara menginstruksikan pesawat-pesawatnya masuk ke wilayah Taiwan.

Liberty Times juga menampilkan foto pesawat tempur Taiwan F-16 tengah dipasang misil di pangkalan udara Hualien di pantai timur Taiwan. Meskipun belum ada pernyataan resmi dari otoritas Taipei, situasi tersebut mengindikasikan ketegangan kedua negara hampir mencapai fase kritis.

Editor : Arif Budiwinarto