2 Artis Terkenal Iran Ditangkap Atas Tuduhan Konspirasi dan Kolusi Lewat Media Sosial

Umaya Khusniah ยท Senin, 21 November 2022 - 17:55:00 WIB
2 Artis Terkenal Iran Ditangkap Atas Tuduhan Konspirasi dan Kolusi Lewat Media Sosial
Katayoun Riahi, artis Iran yang ditangkap otoritas kehakiman. (Foto: YouTube )

TEHERAN, iNews.id - Dua aktris terkemuka Iran ditangkap atas tuduhan konspirasi dan kolusi. Sebelumnya, banyak tokoh perfilman dan olah raga dipanggil otoritas kehakiman atas komentar mereka terkait kerusuhan yang terjadi di negara tersebut.

Katayoun Riahi dan Hengameh Ghaziani ditangkap pada Minggu (20/11/2022). Sehari sebelumnya, mereka dipanggil otoritas kehakiman dalam penyelidikan atas postingan di media sosial.

"Pada Minggu malam, Riahi dan Ghaziani ditangkap atas perintah jaksa atas tuduhan "konspirasi dan kolusi untuk bertindak melawan keamanan negara," kata media pemerintah.

Menurut laporan di media pemerintah, mengutip pejabat pengadilan, panggilan terhadap keduanya terkait pernyataan 'provokatif' mereka di media sosial dan platform media lainnya. Mereka dianggap mendukung kerusuhan jalanan. 

Riahi merupakan aktris peraih penghargaan yang terkenal karena perannya dalam serial Nabi Yusuf (2009). Dia dilaporkan ditangkap di salah satu rumahnya dekat provinsi Qazvin.

Tuduhan terhadap aktris berusia 60 tahun itu termasuk 'menerbitkan informasi palsu' yang ditujukan untuk 'mengganggu pemikiran' orang.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda