2 Kapal Filipina Ditembak Water Cannon Penjaga Pantai China, Begini Rincian Kejadiannya

Anton Suhartono ยท Kamis, 18 November 2021 - 14:17:00 WIB
2 Kapal Filipina Ditembak Water Cannon Penjaga Pantai China, Begini Rincian Kejadiannya
Kapal Penjaga Pantai China menembak kapal Filipina yang membawa logistik untuk tentara (Foto: AP)

MANILA, iNews.id - Insiden sengketa perairan Laut China Selatan antara Filipina dan China kembali terjadi. Tiga kapal Penjaga Pantai China mencegat dan menembak dua kapal Filipina menggunakan water cannon.

Dua kapal Filipina itu dalam pelayaran menyuplai logistik kepada tentara yang bertugas di Beting Thomas II, Laut China Selatan.

Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr mengatakan, tidak ada yang terluka dalam insiden pada Selasa (16/11/2021) itu. Namun akibat kejadian ini dua kapal penyuplai logistik itu terpaksa membatalkan misi mereka. Beting Thomas II berada di lepas pantai Provinsi Palawan, masuk zona ekonomi eksklusif (ZEE) Filipina yang diakui internasional.

Locsin menegaskan, tindakan tiga kapal Penjaga Pantai China itu ilegal seraya mendesak mereka untuk dan mundur.

Pemerintah Filipina, lanjut dia, juga menyampaikan protes keras, kemarahan, dan kecaman, atas insiden tersebut.

"Kegagalan untuk menahan diri ini mengancam hubungan khusus antara Filipina dan China,” kata Locsin, seraya menambankan, padahal Presiden Rodrigo Duterte dan mitranya dari China, Xi Jinping, sudah berusaha keras meredakan konflik perbatasan, dikutip dari Associated Press.

Penasihat Keamanan Nasional Filipina Hermogenes Esperon mengatakan, dua kapal Penjaga Pantai China memblokade dua kapal logistik yang terbuat dari kayu. Lalu satu kapal Penjaga Pantai lainnya menembakkan water cannon ke arah dua kapal Filipina selama sekitar 1 jam.

Akibat semprotan bertekanan tinggi cadik atau sayap penyeimbang salah satu kapal rusak.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda