3 Inovasi Rancangan Kendaraan Lapis Baja Uni Soviet yang Tak Pernah Terwujud, Ada Hovercraft Lapis Baja

Rilo Pambudi ยท Selasa, 28 Juni 2022 - 18:36:00 WIB
3 Inovasi Rancangan Kendaraan Lapis Baja Uni Soviet yang Tak Pernah Terwujud, Ada Hovercraft Lapis Baja
Rancangan Kendaraan Lapis Baja Uni Soviet yang Tak Pernah Terwujud (Foto: Russia Beyond)

JAKARTA, iNews.id - Ada sejumlah rancangan kendaraan lapis baja Uni Soviet yang tidak pernah terwujud. Sebagai salah satu negara terkuat dan terbesar di masanya, Uni Soviet pernah merancang beberapa kendaraan tempur yang berbahaya.

Kendaraan tempur tersebut antara lain adalah motor hingga kapal bantalan udara (Hovercraft) lapis baja. Alat-alat tempur canggih diciptakan guna kepentingan perang dan industri.

Melansir dari RB pada Jumat (17/8/2022), salah satu insinyur sekaligus perancang senjata asal Rusia yang cukup berpengaruh adalah Pavel Grokhovsky. Setidaknya ada 3 rancangan penemuannya yang dianggap berbahaya tapi tidak pernah diwujudkan.

Rancangan Kendaraan Lapis Baja Uni Soviet yang Tak Pernah Terwujud:

1. Sepeda Motor Tempur

Proyek rancangan Pavel Grokhovsky yang pertama adalah sepeda motor lapis baja atau sepeda motor tempur. Berdasarkan rancangan yang didesain Grokhovsky, sepeda motor ini seharusnya menjadi kendaraan semi beroda rantai dengan satu kursi.

Dengan begitu, sepeda motor ini memiliki kemampuan lintas alam yang lebih unggul. Menurut desainnya, pengemudi perlu duduk di kabin lapis baja yang di bagian depan kendaraan untuk mengendarainya. Sedangkan kompartemen mesin dan transmisi semuanya ditempatkan di bagian belakang.

Dengan lambung lapis baja, kendaraan ini diharapkan bisa memberikan perlindungan tentara dari peluru dan pecahan-pecahan amunisi kecil. 

Namun yang memang agak aneh, kendaraan itu memiliki dua roda rantai di belakang dan roda tipe sepeda motor di depan.

2. Tank Seluncur

Meskipun minat utamanya adalah penerbangan, Pavel Grokhovsky menyumbangkan sejumlah rancangan sejumlah kendaraan infanteri yang futuristik.

Salah satunya adalah tank beralas luncur Grokhovsky. Kendaraan tempur ini berupa kereta luncur lapis baja yang dilengkapi tiga alas ski dan meriam di atas sebuah turet mirip tank. 

Kendaraan ini dirancang untuk dioperasikan oleh dua orang awak yang terdiri dari  pengemudi dan penembak.

Proyek tidak biasa ini muncul pada 1930-an dari Biro Desain Khusus Angkatan Udara Tentara Merah. Tank ini mempunyai tiga kompartemen antara lain adalah kompartemen tempur di yang ada di tengah, kompartemen transmisi mesin berada di belakang, dan kompartemen kontrol terletak depan lambung. 

Turret tank ringan BT-2 dipasang di atas kendaraan dan dan memuat meriam tank 37 mm serta senapan mesin 7,62 mm.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda