3 Inovasi Rancangan Kendaraan Lapis Baja Uni Soviet yang Tak Pernah Terwujud, Ada Hovercraft Lapis Baja

Rilo Pambudi ยท Selasa, 28 Juni 2022 - 18:36:00 WIB
3 Inovasi Rancangan Kendaraan Lapis Baja Uni Soviet yang Tak Pernah Terwujud, Ada Hovercraft Lapis Baja
Rancangan Kendaraan Lapis Baja Uni Soviet yang Tak Pernah Terwujud (Foto: Russia Beyond)

3. Hovercraft Tempur Lapis Baja

Proyek Grokhovsky yang bisa disebut paling gila adalah hovercraft tempur berlapis baja. Kendaraan ini bermesin ganda dan dirancang untuk melayang di atas tanah dan air.

Secara desain, Grokhovsky melengkapi persenjataan infanteri ini dengan mesin-mesin yang belum pernah dilihat sebelumnya. Proyek hovercraft tempur lapis baja ini betul-betul dirancang secara serius untuk diwujudkan kala itu.

Mirip dengan tank seluncur Grokhovsky, hovercraft ini juga memiliki tiga kompartemen. Desain hovercraft tempur itu dirancang dengan gagasan, dua mesin yang ditempatkan di depan dan belakang.

Hovercraft tempur ini digerakan oleh dua baling-baling yang akan menggunakan aliran udara untuk menciptakan efek pengangkatan. Para perancang juga melengkapi kendaraan tersebut dengan empat roda untuk berjaga-jaga jika dayang angkatnya untuk melayang tidak cukup.

Meskipun proyek ini tidak pernah terwujud, rancangan Grokhovsky telah menginspirasi perkembangan hovercraft masa depan yang dikembangkan oleh Uni Soviet di tahun-tahun berikutnya.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda