4 Senjata Rahasia Militer Dunia yang Bisa Hancurkan Sebuah Negara, Nomor 3 Picu Gempa Bumi

Ajeng Wirachmi ยท Selasa, 21 Desember 2021 - 14:23:00 WIB
4 Senjata Rahasia Militer Dunia yang Bisa Hancurkan Sebuah Negara, Nomor 3 Picu Gempa Bumi
Deretan senjata rahasia militer dunia yang bisa menghancurkan sebuah negara, tampak Kim Jong Un menyaksikan langsung uji coba rudal Hwasong-12 pada 2017 (Foto: KCNA via Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Daftar senjata rahasia militer dunia ini yang mampu menghancurkan sebuah negara ini menjadi perbincangan publik saat diuji coba, bahkan pernah digunakan untuk menghancurkan musuh. Ini karena kedahsyatan dari hantaman bom tersebut, termasuk di Perang Dunia II.

Beberapa negara terus berlomba menunjukkan dominasi di bidang persenjataan, di masa Perang Dunia I, II, Perang Dingin, bahkan sampai saat ini. Rusia, Amerika Serikat, China, bahkan Korea Utara (Korut), merupakan beberapa negara yang memiliki senjata militer rahasia mematikan. Seperti diketahui keempat negara itu memiliki senjata nuklir.

Guna mengerem ambisi dalam membuat senjata pemusnah massal, dua kekuatan besar, AS dan Rusia, membuat kesepakatan kontrol kepemilikan senjata nuklir atau disebut NEW START. Pada Februari lalu kedua negara menyepakati perpanjangan NEW START untuk 5 tahun mendatang. Di bawah kesepakatan ini, setiap negara tak boleh memiliki lebih dari 1.550 hulu ledak nuklir strategis.

Selain itu, perkembangan persenjataan China dan Korut maju pesat. Bahkan Korut yang berada di bawah sanksi PBB tetap mengembangkan persenjataan nuklirnya, terutama setelah pembicaraan dengan AS menemui jalan buntu.

Berikut daftar 4 senjata rahasia militer dunia yang bisa menghancurkan sebuah negara:

1. Bom Atom (Amerika Serikat)

Tentara AS meluluhlantakkan dua kota di Jepang, Hiroshima dan Nagasaki, dalam jeda beberapa hari saja pada Agustus 1945 sekaligus menjadi permulaan berakhirnya Perang Dunia II. Bom atom pertama dijatuhkan di Hiroshima pada 6 Agustus 1945, menewaskan sekitar 140.000 orang. Bom bernama Litle Boy itu dibawa pesawat pengebom B-29 Enola Gay yang dipiloti Paul W Tibbets. Tujuannya untuk memberikan efek kejut bagi Jepang. Pemerintah Jepang sama sekali tidak menduga salah satunya kotanya dijatuhi bom atom.

Tiga hari kemudian, bom atom kedua dijatuhkan di Nagasaki dengan jumlah korban mencapai 70.000 orang. Kali ini, bom nuklir dibawa pesawat B-29 Bock’s Car. Julukan untuk bom yang menyerang Nagasaki adalah ‘Fat Man’. Dalam sekejap, dua kota itu rata dengan tanah. 

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda