4 Tokoh Kapitalisme Dunia yang Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah

Ami Heppy S ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 20:55:00 WIB
4 Tokoh Kapitalisme Dunia yang Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah
Tokoh kapitalisme dunia. David Ricardo (Foto: BBC)

JAKARTA, iNews.id - Siapa tokoh kapitalisme dunia yang paling berpengaruh sepanjang sejarah yang kamu tahu?  Kapitalisme adalah sebuah paham atau ideologi dimana keperluan pribadi berada di atas keperluan umum atau masyarakat luas. 

Paham ini selalu memberikan kebebasan dan semua hal yang berkaitan dengannya hanya ditujukan untuk mensejahterakan diri sendiri.  Terdapat beberapa tokoh kapitalisme yang dianggap penting karena pemikirannya mereka berpengaruh hingga hari ini. 

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah empat tokoh kapitalisme dunia yang paling berpengaruh sepanjang sejarah yang perlu kamu ketahui.


1. Thomas Robert Malthus

Thomas Robert Malthus merupakan figur ekonom dan kapitalisme yang lahir pada 13 Februari 1766 di Surrey, Inggris.  Thomas Robert Malthus dikenal melalui karyanya berjudul ‘An Essay on The Principle of Population’ yang sangat berpengaruh di bidang ekonomi.  

Dalam buku ini ia menjelaskan pemikirannya tentang kelahiran yang tidak terkontrol akan menyebabkan penduduk bertambah, padahal persediaan makanan tidak dapat bertambah sesuai kecepatan pertumbuhan penduduk. 

Selain itu, pertumbuhan penduduk yang begitu pesat dikhawatirkan akan berhadapan dengan keadaan dimana sumber daya alam semakin berkurang dan langka. 

Thomas Robert Malthus kemudian menyarankan tiap keluarga membatasi agar tidak memiliki anak di luar kemampuan ekonominya.


2. David Ricardo

Lahir di London pada 18 April 1772, David Ricardo merupakan tokoh kapitalisme yang dikenal sebagai pelopor konsep sewa tanah dan bagi hasil.  Dalam bukunya berjudul ‘The Principle of Political Economy and Taxation’ yang terbit tahun 1817, David Ricardo membahas tuntas tentang hukum pembagian hasil perkapita dan ekonomi kapitalisme, lewat teorinya yang disebut ‘Hukum Pengurangan Hasil’. 

Teori Ricardo ini cukup mempengaruhi Karl Marx, termasuk Labour Theory of Value yang menjelaskan soal nilai suatu barang produksi ditentukan jumlah tenaga kerja yang diperlukan dalam memproduksi barang tersebut.


3. Adam Smith

Adam Smith merupakan tokoh ekonomi yang paling dikenal dan paling berpengaruh di bidang ekonomi.  Adam Smith lahir di Skotlandia pada 5 Juni 1723 dan merupakan penggagas sistem ekonomi kapitalisme pada akhir abad ke-20 di Eropa Barat.

Adam Smith dikenal melalui karya besarnya yang berjudul ‘The Wealth of Nations’.   Dalam buku ini, Adam Smith menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme. 

Ia memberikan pengaruh terhadap ilmu ekonomi modern dengan meletakkan dasar-dasar awal teori ekonomi modern. 

Teorinya yang yang dikenal dengan sebutan Invisible Hand atau ‘Tangan-tangan Tak Terlihat’ menjadi bagian tak terpisahkan dari dirinya.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda