5 Bahasa Kuno yang Belum Terpecahkan sampai Saat Ini 

Ami Heppy S · Jumat, 12 Agustus 2022 - 14:57:00 WIB
5 Bahasa Kuno yang Belum Terpecahkan sampai Saat Ini 
Bahasa Kuno yang Belum Terpecahkan sampai Saat Ini . Linear A (Foto: World History encyclopedia)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa bahasa kuno yang belum terpecahkan sampai saat ini. Bahasa merupakan alat komunikasi yang kita gunakan sehari-hari.

Sebagai alat komunikasi, bahasa tentunya sudah ada sejak zaman dahulu. Bahasa juga telah menjadi identitas dari suatu bangsa. Para peneliti dan ilmuwan pun kerap menggunakan bahasa kuno yang ada pada prasasti atau naskah yang ditemukan untuk mencari tahu tentang sejarah suatu bangsa atau suku.

Akan tetapi, terdapat beberapa bahasa yang sulit dipecahkan lantaran kurangnya bukti dan tidak ditemukannya referensi mengenai bahasa tersebut. Seperti 
Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima bahasa kuno yang belum terpecahkan sampai saat ini.

Bahasa Kuno yang Belum Terpecahkan sampai Saat Ini 

1. Linear A

Baha ini ditemukan oleh seorang arkeolog asal Inggris bernama Sir Arthur Evans. Bermula pada tahun 1893 saat ia membeli beberapa batu kuno dengan tulisan misterius di sebuah pasar loak di Athena. 

Linear A merupakan bahasa Yunani kuno yang hingga sekarang masih belum bisa diartikan. Linear A ini disebut sebagai cikal bakal Linear B yang sudah berhasil diuraikan pada awal 1950-an. Mengutip Mental Floss, Linear B ternyata mewakili bentuk awal bahasa Yunani.

2. Epi-Olmec

Bahasa Epi-Olmec ditemukan pada 1993 oleh ahli epigrafi John Justeson dan rekannya Terrence Kaufman.  Epi-Olmec ini disebut mirip dengan bahasa Suku Maya dan diperkirakan digunakan pada tahun 500 SM hingga 500 Masehi.

Namun, karena kurangnya peninggalan manuskrip dan rumitnya bahasa ini, penelitian tentang bahasa Epi-Olmec ini pun dihentikan.

3. Bahasa Harappa

Bahasa Harappa ini digunakan oleh suku Harappa, yakni peradaban yang mendiami lembah Sungai Indus pada tahun 40.000 SM. Bahasa Harappa ini digunakan hingga tahun 2.000 SM, mengikuti kehancuran peradaban Harappa.

Bahasa ini pun sulit diteliti lantaran banyak peninggalan bangsa Harappa yang hancur.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda