5 Penemuan di Indonesia yang Mendunia, Nomor 5 Lukisan Dinding 44.000 Tahun Tertua di Dunia

Ajeng Wirachmi ยท Kamis, 27 Januari 2022 - 14:39:00 WIB
5 Penemuan di Indonesia yang Mendunia, Nomor 5 Lukisan Dinding 44.000 Tahun Tertua di Dunia
Penemuan di Indonesia yang mendunia, salah satunya Sangiran. (Foto: Instagram /@rahmawati.nur.jamilah)

JAKARTA, iNews.id - Deretan penemuan di Indonesia yang mendunia membuktikan bahwa di masa lalu Nusantara pernah menjadi bagian dari peradaban. Temuan situs arkeologi, tulisan kuno, serta candi, menjadi bukti kemajuan peradaban di masanya.

Tak hanya terkenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati, Indonesia memiliki berbagai peninggalan masa lampau yang menakjubkan. Temuan-temuan ini diakui internasional. 

Beberapa di antaranya dimasukkan dalam situs warisan budaya dunia. Dampaknya, lokasi atau bangunan bersejarah tersebut menjadi tujuan wisata yang mengundang kekaguman turis dan ilmuwan internasional.

Berikut 5 penemuan di Indonesia yang mendunia:

1. Situs Purbakala Sangiran 

Seorang peneliti Belanda Von Koenigswald melakukan penelitian pada 1934, menyusul penemuan fantastisnya di wilayah Sangiran, Jawa Tengah. Koenigswald menemukan alat-alat batu yang merupakan hasil budaya manusia purba. Sejak saat itu, nama Situs Sangiran semakin terkenal. 

Penemuan fosil manusia purba juga ditemukan 2 tahun setelahnya yakni pada 1936. Setelah itu, penelitian semakin masif dilakukan beriringan dengan banyaknya fosil manusia atau Homo erectus, fosil hewan, alat batu, dan alat tulang yang ditemukan di Sangiran. 

Dunia internasional mengakui Situs Sangiran sebagai penyumbang ilmu pengetahuan yang besar, terutama, hal-hal berkaitan dengan bukti evolusi manusia, lingkungan dan kebudayaan, yang sudah terjadi sejak sekitar 2 juta tahun silam. Situs Sangiran ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. 

2. Candi Borobudur

Siapa yang tidak kenal dengan Borobudur, salah satu candi terkenal yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Kemegahan candi Budha ini menggaung ke penjuru dunia. 

Candi Borobudur merupakan bukti sejarah perkembangan ajaran Budha di Nusantara. Situs ini pun masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia. 

Dalam buku Borobudur yang diterbitkan Panitia Nasional Peresmian Berakhirnya Pemugaran Candi Borobudur, candi ini pertama kali ditemukan seorang letnan jenderal gubernur Inggris yang kala itu menjajah Indonesia, Sir Thomas Stamford Raffles, pada 1811. 

Raffles langsung menerjunkan 200 orang untuk memperjelas keberadaan candi itu. Mereka ada yang ditugaskan menebang pohon, membakar semak-semak, dan menggali tanah yang mengubur sebagian bangunan candi. 

Pada 1835, bentuk utuh Borobudur baru terlihat, meskipun bagian kakinya masih terkubur. Pada 1890 – 1891, kaki candi yang masih terkubur itu perlahan digali dan dimunculkan. 

Penemuan di Indonesia yang mendunia, Candi Borobudur. (Foto: Dok Sindonews)
Penemuan di Indonesia yang mendunia, Candi Borobudur. (Foto: Dok Sindonews)

Sementara itu, dalam artikel berjudul ‘Pesona Candi Borobudur Sebagai Wisata Budaya di Jawa Tengah’ oleh Reza Ayu Dewanti, candi dengan bentuk stupa ini didirikan penganut Budha Mahayana pada abad ke-8 Masehi di masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Tujuan dibangunnya candi ini untuk menghormati raja yang telah wafat.  Mereka dianggap telah bertemu dan bersatu dengan para dewa.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: