5 Tempat Uji Coba Nuklir dari Berbagai Negara, Nomor 3 Punya Radiasi Nuklir Tertinggi di Bumi

Ami Heppy S · Senin, 27 Juni 2022 - 17:45:00 WIB
5 Tempat Uji Coba Nuklir dari Berbagai Negara, Nomor 3 Punya Radiasi Nuklir Tertinggi di Bumi
Tempat Uji Coba Nuklir dari Berbagai Negara (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Deretan tempat uji coba nuklir di berbagai negara di dunia ini masih ada hingga sekarang.  Sebagian besar lokasi uji coba nuklir terletak di tempat-tempat terpencil. 

Meski begitu, hingga kini di tempat-tempat tersebut masih bisa dirasakan dampak dari uji coba senjata mematikan tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima tempat uji coba nuklir di berbagai dunia.

Tempat Uji Coba Nuklir dari Berbagai Negara

1. Hanford, Amerika Serikat

Situs Hanford di Amerika Serikat merupakan bagian penting dari proyek bom atom AS dan merupakan lokasi uji coba bom nuklir pertama.

Hanford dipilih menjadi lokasi pabrik yang akan menyediakan plutonium bagi 60.000 senjata nuklir di seluruh AS. Situs ini kemudian ditutup pasca Perang Dingin. Meski begitu, dampaknya masih bisa dirasakan hingga sekarang.

2. The Polygon, Kazakhstan

Lokasi uji coba nuklir selanjutnya adalah The Polygon yang sekarang masuk wilayah Kazakhstan. The Polygon dulunya merupakan lokasi yang digunakan untuk uji coba senjata nuklir pada masa Uni Soviet.
 
Diperkirakan lebih dari 400 senjata nuklir telah diuji di daerah tersebut. Hal ini menjadikan daerah tersebut dianggap tidak layak huni.

Diperkirakan lebih dari 200.000 orang masih merasakan dampak buruk karena terpapar radioaktivitas. Area tersebut telah ditinggalkan, dan tidak ada pengunjung yang diizinkan untuk memasukinya.

3. Bikini Atoll, Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall merupakan lokasi utama untuk uji coba nuklir Amerika Serikat. Bahkan, Kepulauan Marshall disebut sebagai daerah dengan paparan radiasi tertinggi di muka bumi.

Tercatat, dari tahun 1946 hingga 1958, pemerintah AS telah melakukan sekitar 67 uji coba nuklir di beberapa pulau kecil maupun atol yang mengelilingi Kepulauan Marshall. 

Salah satunya adalah di Bikini Atol. Pada 1 Maret 1954, AS menguji coba hulu ledak nuklir, Castle Bravo di Bikini Atoll, Kepulauan Marshall, yang kekuatannya disebut 1.000 kali lipat dibanding bom Hiroshima, Jepang pada 1945.

4. Novaya Zemlya, Rusia

Novaya Zemlya merupakan sebuah kepulauan di sebelah utara Rusia. Lokasinya yang terpencil dengan populasi yang tidak terlalu banyak membuat Novaya Zemlya ditetapkan sebagai tempat uji coba nuklir pada tahun 1954.

Selama 35 tahun, tempat ini menjadi lokasi diledakkannya 224 nuklir, termasuk ledakan nuklir terbesar di dunia, Tsar Bomba. Hingga kini, sebagian besar pulau masih tetap menjadi pangkalan militer.

5. Punggye-ri, Korea Utara

Punggye-ri adalah satu-satunya situs uji coba nuklir di Korea Utara. Pemerintah telah melakukan enam uji coba nuklir antara tahun 2006-2007. Lokasi ini sempat ditutup beberapa tahun yang lalu setelah tanah di di sekitar lokasi uji coba menjadi tidak stabil karena uji coba nuklir berulang kali. 


Pada 2017 lalu, uji coba nuklir yang dilakukan negara pimpinan Kim Jong Un ini bahkan menyebabkan gempa bumi dengan kekuatan 6,3 skala richter. Itulah lima lokasi uji coba nuklir dari berbagai negara di dunia. Semoga bermanfaat.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda