Hadapi Ancaman Barat, Putin Janji Persenjatai Belarusia dengan Rudal Berkemampuan Nuklir

Ahmad Islamy Jamil · Minggu, 26 Juni 2022 - 08:26:00 WIB
Hadapi Ancaman Barat, Putin Janji Persenjatai Belarusia dengan Rudal Berkemampuan Nuklir
Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id – Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji untuk memasok Belarusia dengan sistem rudal yang mampu membawa senjata nuklir untuk menangkal ancaman agresif Barat. Hal itu dia sampaikan kepada Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, akhir pekan ini.

Reuters melansir, dalam pertemuan kedua pemimpin negara di St Petersburg, Rusia, Lukashenko mengungkapkan keprihatinannya akan kebijakan “agresif, konfrontatif, dan memuakkan” dari para tetangganya, yakni Lithuania dan Polandia. 

Menurut dia, ada kegiatan penerbangan pesawat bersenjata nuklir oleh aliansi NATO yang dipimpin AS di dekat perbatasan Belarusia. Lukashenko lantas meminta Putin untuk membantu Belarusia meningkatkan “respons simetris” terhadap kegiatan militer Barat itu.

Menanggapi itu, Putin menilai tanggapan simetris oleh Belarusia belumlah diperlukan untuk saat ini. Akan tetapi, kata dia, jet-jet tempur Su-25 milik Belarusia dapat di-upgrade alias diperbarui kemampuannya di pabrik-pabrik Rusia jika diperlukan.

“Kami akan mentransfer sistem rudal taktis Iskander-M ke Belarusia, yang dapat menggunakan rudal balistik dan rudal jelajah, baik dalam versi konvensional maupun nuklir,” ungkap Kementerian Luar Negeri Rusia, mengutip pernyataan Putin dalam pertemuan itu, Sabtu (25/6/2022).

Iskander-M, adalah sistem peluru kendali bergerak yang menggantikan rudal Scud dari era Uni Soviet. Kedua rudal itu memiliki jangkauan hingga 500 km dan dapat membawa hulu ledak konvensional ataupun nuklir.

“Minsk harus siap untuk apa pun, bahkan penggunaan persenjataan serius untuk mempertahankan tanah air kami dari Brest (ujung barat Belarusia) hingga Vladivostok (ujung timur Rusia),” demikian ungkapan diplomatis Lukashenko kepada Putin—yang menempatkan Belarusia dan Rusia di bawah satu payung.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda