Abaikan Larangan Beijing, Filipina Dorong Nelayan Tangkap Ikan di Laut China Selatan

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 12:29:00 WIB
Abaikan Larangan Beijing, Filipina Dorong Nelayan Tangkap Ikan di Laut China Selatan
Bendera Filipina (ilustrasi). (Foto: AFP)

MANILA, iNews.id – Hubungan Filipina dan Tiongkok semakin memanas terkait klaim atas Laut China Selatan (LCS). Beijing secara sepihak melarang nelayan Filipina menangkap ikan di wilayah perairan yang disengketakan.

Namun, Manila menegaskan, larangan penangkapan ikan oleh China di LCS itu tidak berlaku untuk wilayah Filipina. “Kami menentang pemberlakuan (larangan menangkap ikan) China atas area yang masuk di dalam wilayah dan yurisdiksi Filipina,” ungkap Satuan Tugas Nasional untuk Laut Filipina Barat, dalam pernyataan yang dikutip Bloomberg, Rabu (5/5/2021).

“Kami justru mendorong nelayan kami untuk pergi keluar dan menangkap ikan di perairan kami,” kata pernyataan itu lagi.

Satgas tersebut menyatakan, pihaknya akan melanjutkan patroli penegakan hukum dan latihan maritim secara berkala di atas perairan di dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Filipina. Manila juga mengutuk Penjaga Pantai China atas “manuver berbahaya” terhadap Penjaga Pantai Filipina pada akhir April lalu di Scarborough Shoal.

Scarborough Shoal adalah kawasan beting yang berada dalam ZEE 200 mil laut Filipina, dan berjarak sekitar 472 mil laut dari pantai terdekat China.

China mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan, yang dilewati perdagangan kapal senilai sekitar 3 triliun dolar AS (Rp43.328 triliun) setiap tahun. Padahal, putusan pengadilan arbitrase di Den Haag, Belanda, pada 2016 menyatakan bahwa klaim Beijing itu tidak sesuai dengan hukum internasional.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2