Ada Virus Corona di Kemasan Udang Beku, China Setop Impor Makanan dari Ekuador

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 20:25 WIB
Ada Virus Corona di Kemasan Udang Beku, China Setop Impor Makanan dari Ekuador

Kegiatan ekspor impor di China (ilustrasi). (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.idChina untuk sementara waktu melarang impor bahan makanan dari tiga perusahaan Ekuador. Keputusan itu diambil setelah otoritas negeri tirai bambu mendeteksi virus corona pada kemasan udang beku dalam pemeriksaan barang-barang berpendingin, menyusul munculnya klaster baru wabah Covid-19 baru-baru ini di Beijing.

Dilansir AFP, sampel yang diambil dari kemasan udang kaki putih di dua kota pelabuhan China, yaitu, Dalian dan Xiamen, dinyatakan positif virus corona. Temuan itu diungkapkan oleh pejabat Bea dan Cukai China, Bi Kexin, dalam konferensi pers.

Namun, pengujian sampel dari dalam kemasan dan udang itu sendiri menunjukkan hasil negatif. Otoritas pabean China menyatakan, untuk sementara ini pemerintah memblokir impor pangan dari tiga perusahaan Ekuador yang produknya menunjukkan hasil uji positif Covid-19 itu.

Munculnya klaster baru virus corona di Kota Beijing bulan lalu telah menyebabkan peningkatan pengawasan terhadap makanan impor yang masuk ke China. Virus mematikan itu ditemukan pada papan talenan yang digunakan untuk memotong ikan salmon impor di Pasar Xinfadi, pasar grosir yang amat besar dan luas di Beijing.

Sejak itu, China mulai melarang impor dari sejumlah produsen makanan di luar negeri yang telah melaporkan adanya wabah virus corona, termasuk eksportir unggas AS Tyson Foods dan perusahaan daging asal Jerman, Toennies. Negara komunis itu juga telah meluncurkan kampanye nasional untuk menguji produk makanan berpendingin impor dari negara-negara yang dianggap berisiko tinggi terhadap wabah Covid-19.

Bi mengatakan, otoritas Bea dan Cukai China telah menguji lebih dari 220.000 sampel dari produk makanan, kemasan, dan lingkungan di sekitar mereka sejak ditemukannya klaster Pasar Xinfadi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil