Afghanistan Memanas, 2 Ledakan Guncang Kabul Incar Menhan dan Pejabat Intelijen

Anton Suhartono ยท Rabu, 04 Agustus 2021 - 14:56:00 WIB
Afghanistan Memanas, 2 Ledakan Guncang Kabul Incar Menhan dan Pejabat Intelijen
Bom mobil mengguncang Kabul, Afghanistan, mengincar Menteri Pertahanan Bismillah Mohammadi (Foto: Reuters)

KABUL, iNews.id - Ledakan terjadi di dekat kantor Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan di Ibu Kota Kabul, Rabu (4/8/2021), menyebabkan beberapa orang luka, yakni warga sipil dan pejabat intelijen. Serangan tebaru ini terjadi beberapa jam setelah bom mobil mengguncang kawasan Zona Hijau di Kabul tempat berkantornya perwakilan diplomatik asing, menewaskan delapan orang termasuk empat pelaku.

Serangan bom bunuh diri yang disertai dengan penembakan pada Selasa malam mengincar penjabat Menteri Pertahanan Bismillah Mohammadi serta politisi lainnya. Mohammadi selamat dalam serangan itu. Pascasrangan, pasukan keamanan mengejar kelompok bersenjata tak dikenal selama lebih dari 4 jam.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan pada Selasa malam. Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan, serangan itu menargetkan kediaman Mohammadi karena saat itu sedang berlangsung pertemuan penting. Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan pada Rabu pagi.

Serangan ini terjadi di tengah memanasnya pertempuran antara kelompok Taliban dengan pasukan keamanan Afghanistan di berbagai kota. Pertempuran sengit terjadi pada akhir pekan lalu dalam upaya Taliban merebut kota besar, yakni Herat yang berada di dekat perbatasan Iran serta Lashkar Gah dan Kandahar.

Seorang juru bicara militer Afghanistan mengatakan, keadaan darurat diberlakukan di Lashkar Gah. Pasukan pemerintah juga dibantu dengan dukungan serangan udara dari Amerika Serikat. Sejauh ini pasukan keamanan masih memegang kendali Lashkar Gah, meskipun situasi terus berkembang.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2