Akhirnya AS Lanjutkan Uji Coba Vaksin Covid-19 AstraZeneca dan J & J

Anton Suhartono ยท Sabtu, 24 Oktober 2020 - 06:56 WIB
Akhirnya AS Lanjutkan Uji Coba Vaksin Covid-19 AstraZeneca dan J & J

Uji coba vaksin Covid-19 AstraZeneca di AS dilanjutkan kembali setelah 6 pekan terhenti (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat melanjutkan kembali uji coba klinis dua vaksin Covid-19 yakni milik AstraZeneca dan Johnson & Johnson. Uji coba kedua vaksin itu dihentikan menyusul adanya relawan yang sakit setelah diinjeksi.

AstraZeneca mengumumkan uji coba kandidat vaksin Covid-19 di AS telah dilanjutkan. AS merupakan negara terakhir yang melanjutkan uji coba vaksin AstraZeneca setelah muncul laporan kasus relawan sakit 6 pekan lalu.

"Badan pengawas obat dan makanan (FDA) hari ini mengesahkan dimulainya kembali di AS, menyusul dimulainya kembali uji coba di negara lain dalam beberapa pekan terakhir," demikian pernyataan perusahaan farmasi asal Inggris itu, dikutip dari AFP, Sabtu (24/10/2020).

Uji coba vaksin AstraZeneca, hasil kerja sama dengan Universitas Oxford, ditangguhkan di seluruh dunia sejak 6 September. Namun tak butuh waktu lama bagi beberapa negara untuk melanjutkannya kembali, seperti Inggris, Afrika Selatan, Brasil, dan Jepang.

Hasil penyelidikan independen menyebutkan, sakit yang dialami relawan tidak terkait dengan vaksin.

"FDA meninjau semua data keamanan dari uji coba secara global dan menyimpulkan aman untuk melanjutkan uji coba," kata AstraZeneca.

Perusahaan berharap mendapatkan hasil uji coba pada akhir tahun ini, namun itu bergantung pada tingkat infeksi di komunitas tempat uji klinis dilakukan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua