Satgas Minta Masyarakat Tak Khawatir soal Keamanan Vaksin Covid-19

Dita Angga, Sindonews · Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:25:00 WIB
Satgas Minta Masyarakat Tak Khawatir soal Keamanan Vaksin Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Adisasmito. (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Satgas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat tak khawatir soal keamanan vaksin. Juru Bicara Satgas, Wiku Bakti Adisasmito menjamin vaksin melewati proses panjang untuk memastikan keamanan dan keefektifannya.

Wiku menjelaskan salah satu tahapan yang harus dilalui vaksin sebelum diproduksi yaitu uji kolinis tahap I sampai III. Uji klinis juga dilakukan untuk memastikan dosis vaksin yang aman untuk manusia.

"Vaksin yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat adalah vaksin yang lulus pada semua tahapan uji klinis sehingga aman dan efektif untuk digunakan,” katanya saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Dia pun menjelaskan detail proses pengembangan vaksin. Hal pertama yang dilakukan yaitu penelitian dasar untuk meneliti tentang virusnya, kemudian sel-sel yang terkait dengan virus tersebut. Lalu dilanjutkan uji praklinis yang merupakan pengujian di dalam sel dan dilanjutkan kepada hewan percobaan.

“Jadi kembali lagi saya ingatkan uji praklinis itu untuk memastikan vaksin ini nanti aman apabila diujikan pada manusia. Sebelum dipakai harus diujikan dulu pada hewan,” ucapnya.

Uji Klinis

Editor : Rizal Bomantama