Aksi Protes Anti Vaksin Covid-19 Ricuh, Polisi Gunakan Water Canon dan Gas Air Mata Bubarkan Massa

Umaya Khusniah · Senin, 24 Januari 2022 - 11:05:00 WIB
Aksi Protes Anti Vaksin Covid-19 Ricuh, Polisi Gunakan Water Canon dan Gas Air Mata Bubarkan Massa
Aksi protes vaksinasi Covid-19 dan kebijakan pembatasan di Brussel ricuh. (Foto: AP Photo)

BRUSSELS, iNews.id — Sekelompok orang menggelar aksi protes vaksinasi Covid-19 dan kebijakan pembatasan di Brussel, Belgia. Polisi gunakan gas air mata dan water canon untuk membubarkan massa. 

Aksi protes yang dilakukan sekitar 50.000 orang digelar pada Minggu (23/1/2022). Para pengunjuk rasa meneriakkan 'Kebebasan!' saat mereka berbaris. Sementara sebagian yang lain terlibat konfrontasi kekerasan dengan polisi.

Dalam video yang beredar menunjukkan, massa yang berpakaian hitam menyerang sebuah gedung yang digunakan oleh layanan diplomatik Uni Eropa. Mereka melemparkan proyektil ke pintu masuk dan menghancurkan jendela.

Petugas polisi anti huru hara berhelm putih berulang kali bereaksi setelah pengunjuk rasa mengabaikan instruksi untuk bubar. Truk meriam polisi menembakkan air yang kuat sementara gas air mata memenuhi udara.

“Ayo orang-orang! Jangan biarkan mereka merampas hakmu!” kata seorang pemimpin protes yang menyiarkan melalui pengeras suara. 

“Pergi ke neraka!” teriak seorang pengunjuk rasa yang berkonfrontasi dengan polisi. 

Polisi Brussel mengatakan 70 orang ditahan. Sementara itu, tiga petugas serta 12 demonstran dirawat di rumah sakit karena luka-luka.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: