Anak Pasien di Wuhan Minta Bertemu Tim Ahli WHO yang Sedang Selidiki Asal-usul Covid

Djairan ยท Rabu, 27 Januari 2021 - 18:12:00 WIB
Anak Pasien di Wuhan Minta Bertemu Tim Ahli WHO yang Sedang Selidiki Asal-usul Covid
Masyarakat Wuhan di tengah pandemi Covid-19 (ilustrasi). (Foto: ANTARA)

WUHAN, iNews.id – Anak dari pasien Covid-19 di Wuhan, China, meminta agar dapat bertemu dengan tim ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang tengah berkunjung ke negara itu untuk meneliti asal-usul virus tersebut. Pria bernama Zhang Hai itu adalah warga asli Wuhan, yang ayahnya meninggal karena Covid pada Februari 2020.

Zhang meminta agar tim ahli WHO mau berbicara dengan para keluarga yang terkena dampak virus mematikan itu. Dia mengatakan, suara mereka telah dibungkam oleh Pemerintah China terkait protes penanganan pandemi.

Pemerintah China menyetujui kunjungan para peneliti di bawah naungan WHO setelah berbulan-bulan negosiasi. Namun, belum ada tanda-tanda apakah para peneliti dari badan PBB itu itu diizinkan mengumpulkan bukti atau berbicara dengan keluarga pasien Covid di sana. Sejauh ini, tim ahli hanya diperbolehkan bertukar pandangan dengan ilmuwan China.

“Saya berharap para ahli WHO tidak menjadi alat untuk menyebarkan kebohongan. Kami telah mencari kebenaran tanpa henti. Ini adalah tindakan kriminal dan saya tidak ingin WHO datang ke China untuk menutupi kejahatan ini,” kata Zhang, dikutip dari The Guardian, Rabu (27/1/2021).

Kementerian Luar Negeri China tidak menanggapi permintaan komentar dari The Guardian terkait keinginan Zhang itu. Tim WHO tiba di Wuhan pada 14 Januari lalu, untuk menyelidiki asal-usul Covid-19, dan diperkirakan akan mulai melakukan penelitian lapangan pada minggu ini setelah karantina selama 14 hari.

Zhang, yang kini tinggal di Kota Shenzhen, telah berusaha agar keluarga kerabat pasien virus corona di China dapat meminta pertanggungjawaban pemerintah. 

Mereka mengajukan tuntutan hukum terhadap Pemerintah Kota Wuhan, atas tudingan bahwa pemerintah telah mengecilkan virus tersebut sejak awal mewabah, yaitu dengan menutup-nutupi Covid-19 yang sebenarnya sudah dikhawatirkan mewabah dengan cepat sejak awal kemunculannya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2