Teori Virus Corona Bocor dari Lab Wuhan Mencuat Lagi, Inggris Desak China Terus Terang

Anton Suhartono ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 18:08:00 WIB
Teori Virus Corona Bocor dari Lab Wuhan Mencuat Lagi, Inggris Desak China Terus Terang
Laboratorium Institut Virologi Wuhan (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id - Teori bahwa wabah virus corona baru yang kini menyebar ke seluruh dunia dipicu kebocoran laboratorium di Kota Wuhan, China, kembali mencuat. Kali ini disampaikan beberapa anggota parlemen Inggris.

Mereka mendesak China berterus terang dengan temuan terbaru Penasihat Keamanan Amerika Serikat (AS) Matthew Pottinger bahwa penjelasan paling masuk akal mengenai asal muasal virus yang telah menginfeksi lebih dari 85 juta orang di seluruh dunia itu berasal dari laboratorium Wuhan.

Anggota parlemen Partai Konservatif Inggris, Tom Tugendhat dan Tobias Ellwood, juga menedesak pemerintah Inggris untuk mendalami pernyataan Pottinger itu.

China berulang kali membantah bahwa virus corona yang menurut sebagian besar ilmuwan terjadi secara alami itu mungkin bocor dari laboratorium Institut Virologi Wuhan.

Tugendhat yang juga Ketua Komite Urusan Luar Negeri, mengatakan, tuduhan itu sangat serius. Sementara Ellwood, yang merupakan Ketua Komite Pertahanan, mengatakan, Inggris perlu meminta jawaban dari Partai Komunis China.

"China terus membungkam suara-suara lokal yang berani berbicara dan menghapus semua komentar online yang menunjukkan pihak berwenang menyembunyikan sesuatu," kata Ellwood, dikutip dari The Sun, Selasa (5/1/2021).

Sementara itu Tugendhat mengatakan cara China menangani wabah sangat memprihatinkan. Dia menuding China sangat lambat berbagi informasi, baik mengenai wabah maupun asal-usulnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: