Ancam Bunuh Joe Biden, Pria AS Serahkan Diri ke Polisi

Anton Suhartono · Rabu, 17 Maret 2021 - 14:35:00 WIB
Ancam Bunuh Joe Biden, Pria AS Serahkan Diri ke Polisi
Joe Biden (Foto: Reuters)

HOLLAND, iNews.id - Seorang pria di Amerika Serikat sempat ditahan polisi, Selasa (16/3/2021), karena mengancam akan membunuh Joe Biden

Selain Biden, pria bernama Joshua Docter (21) asal Holland, Michigan, itu juga mengancam akan membunuh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Nancy Pelosi serta Gubernur Gretchen Whitmer.

Kantor Jaksa Agung Michigan menyatakan, Docter didakwa dengan tuduhan terorisme serta menggunakan komputer untuk melakukan kejahatan. Setiap dakwaan diancam dengan hukuman penjara hingga 20 tahun.

Dakwaan diajukan pada Senin lalu di Pengadilan Distrik Ottawa County. Docter menyerahkan diri pada Selasa namun dibebaskan dengan jaminan.

Kejaksaan menyatakan, Docter membuat komentar ancaman pembunuhan pada Januari di platform media sosial iFunny. Dalam posting-an dia menulis senjata akan digunakan untuk menembak dan membunuh pejabat terpilih serta akan menjadi katalisator untuk revolusi Amerika yang baru. 

Penyidik ​​juga mendapati informasi di ponselnya tentang cara membuat bom serta tempat-tempat untuk mendapatkan bahan peledak.

Setelah posting-an itu, Biro Penyelidikan Federal (FBI) menggelar penyelidikan dan menindaklanjuti. Kasus lalu dilanjutkan Kepolisian Negara Bagian Michigan yang kemudian merujuk ke kantor jaksa agung.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2