Anggota Geng di Saudi Ditangkap karena Selundupkan Uang Rp237 Miliar dan 19 Kg Emas

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 17 Februari 2021 - 08:13:00 WIB
Anggota Geng di Saudi Ditangkap karena Selundupkan Uang Rp237 Miliar dan 19 Kg Emas
Ilustrasi sejumlah mata uang dolar AS dan emas. (Foto: Ist.)

RIYADH, iNews.id – Pihak berwenang di Arab Saudi menangkap para anggota geng yang menyelundupkan uang lebih dari 17 juta dolar AS (setara Rp237,75 miliar) dan emas dengan berat hampir mencapai 19 kilogram ke luar negeri.

Para anggota geng itu dituduh melakukan pencucian uang dan penyuapan. Mereka dijatuhi hukuman penjara hingga total 64 tahun. 

Aparat menyita uang senilai 272.000 dolar AS dari salah satu pelaku ketika mencoba kabur ke luar negeri. Kendaraan orang itu juga disita.

Geng kriminal itu terdiri atas sejumlah warga negara Saudi dan warga negara asing lainnya. Selain hukuman penjara, warga Saudi yang terlibat dalam kelompok tersebut juga dijatuhi hukuman larangan bepergian. Sementara, anggota geng yang WNA bakal dideportasi setelah menjalani hukuman penjara di negara Arab itu.

Kantor berita setempat, SPA melaporkan, pihak berwenang saat ini sedang melakukan upaya pemulihan uang selundupan itu dari luar negeri. Jaksa penuntut umum Saudi menyebut kasus yang melibatkan anggota geng itu sebagai kejahatan yang terorganisasi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2