Angkut 1 Ton Kokain, Pesawat Jet Mewah Disita 

Umaya Khusniah · Sabtu, 15 Januari 2022 - 12:43:00 WIB
Angkut 1 Ton Kokain, Pesawat Jet Mewah Disita 
Pesawat jet mewah disita setelah terdeteksi membawa lebih dari satu ton kokain. (Foto: Newsflash)

MEXICO CITY, iNews.id - Sebuah pesawat jet mewah disita setelah terdeteksi membawa lebih dari satu ton kokain senilai 23,3 juta Pound Sterling atau lebih dari Rp 456 miliar. Diduga, pesawat jet ini mengantarkan kokain milik kartel narkoba Meksiko, Generasi Baru Jalisco (CJNG). 

Jet Gulfstream III itu lepas landas dari landasan pacu rahasia di Venezuela ketika pihak berwenang mendeteksinya. Jet bermesin ganda itu lantas dipaksa mendarat di wilayah Guatemala bernama Peten.

Dilansir dari LadBible, pesawat itu dilarang terbang oleh Kantor Kejaksaan Agung Kolombia dan Administrasi Penegakan Narkoba AS. 
Sementara kokain yang diangkut diduga dibuat di daerah perbatasan Venezuela dan dilakukan oleh Tentara Rakyat Revolusioner Kolombia (FARC).

FARC kemudian menyelundupkannya ke Amerika Tengah di mana seharusnya diterima oleh orang-orang yang diduga anggota CJNG.

Kartel Generasi Baru Jalisco Meksiko saat ini dianggap sebagai kartel narkoba yang paling kuat dan ditakuti di dunia. Belum lama ini, kartel itu telah menghabisi musuh-musuhnya menggunakan bom drone.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: