Antisipasi Serangan Balasan Roket Gaza, Israel Ubah Rute Penerbangan Pesawat

Anton Suhartono ยท Rabu, 16 Juni 2021 - 21:44:00 WIB
Antisipasi Serangan Balasan Roket Gaza, Israel Ubah Rute Penerbangan Pesawat
Israel mengubah rute penerbangan pesawat dari dan menuju Bandara Ben Gurion, Tel Aviv, mengantisipasi serangan roket dari Jalur Gaza (Foto: Reuters)

TEL AVIV, iNews.id - Otoritas penerbangan Israel mengubah rute penerbangan menuju dari dari Bandara Ben Gurion terkait kekhawatiran serangan roket dari pejuang Palestina di Jalur Gaza

Bandara yang berada di Tel Aviv itu sebenarnya jauh dari Jalur Gaza, namun para pejuang Palestina meningkatkan kemampuan roketnya hingga mampu menjangkau wilayah terdalam Israel, bahkan mendekat Yerusalem.

Dilaporkan Times of Israel, serangan dari Gaza bisa terjadi kapan saja sebagai respons atas pawai bendera yang dilakukan ribuan warga Israel pada Selasa (15/6/2021).

Israel meningkatkan kesiagaan setelah pawai bendera di Yerusalem. Hamas, selaku penguasa Gaza, berkali-kali memperingatkan Israel bahwa pawai bendera yang memasuki wilayah muslim di Yerusalem Timur bisa memicu konflik baru.

Pemerintahan Israel yang baru di bawah Perdana Menteri Naftali Bennett menyetujui pawai tersebut. Polisi mengarahkan massa ke rute berbeda untuk menghindari lokasi-lokasi yang bisa memicu bentrokan, meskipun ada perubahan rute pada menit terakhir.

Sebelumnya Hamas menyatakan, perubahan rute pawaai bendera dan perubahan rute penerbangan merupakan kemenangan terbaru dalam melawan pendudukan Israel. 

Sekitar 5.000 warga Israel ikut serta dalam pawai. Rute itu membawa mereka dari Yerusalem Barat menuju Gerbang Jaffa Kota Tua. Gerbang tersebut digunakan sebagai jalur menuju Masjid Al Aqsa.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: