Aparat Myanmar Tangkap Jurnalis Jepang, Tokyo Langsung Bereaksi

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 19 April 2021 - 15:21:00 WIB
Aparat Myanmar Tangkap Jurnalis Jepang, Tokyo Langsung Bereaksi
Kepala Sekretaris Kabinet/Juru Bicara Pemerintah Jepang, Katsunobu Kato. (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.id – Pihak berwenang Myanmar menahan seorang jurnalis asal Jepang di Kota Yangon, Minggu (18/4/2021) malam. Pemerintah Jepang di Tokyo pun langsung bereaksi.

BBC Burma dengan mengutip seorang saksi mata melaporkan bahwa orang Jepang yang ditangkap aparat Myanmar itu bernama Yuki Kitazumi, berprofesi sebagai jurnalis lepas. Dia dijemput dari rumahnya, diminta untuk mengangkat kedua tangan, lalu dibawa pergi dengan mobil.

Sementara, juru bicara Pemerintah Jepang menggambarkan sang jurnalis sebagai pria berusia empat puluhan, tanpa menyebut namanya. Dia menyatakan, pihaknya tengah berusaha membebaskan wartawan itu.

“Kami sedang mencari, dari Myanmar, pembebasannya secepatnya. Kami berusaha untuk mengamankan keselamatan warga negara Jepang,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato, pada konferensi pers di Tokyo, Senin (19/4/2021).

Dia menuturkan, pemerintah sedang mencari informasi terperinci tentang keadaan seputar penahanan jurnalis tersebut.

Juru bicara junta militer Myanmar tidak menanggapi panggilan telepon dari wartawan saat hendak dimintai komentarnya ihwal penangkapan itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2