Arab Saudi Kembali Rontokkan Serangan Misil dan Drone Milisi Houthi

Arif Budiwinarto ยท Senin, 13 Juli 2020 - 13:23 WIB
Arab Saudi Kembali Rontokkan Serangan Misil dan Drone Milisi Houthi

Pemerintah Arab Saudi mengklaim berhasil menghancurkan misil dan drone milik milis Houthi (foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Pemerintah Arab Saudi mengklaim berhasil menembak jatuh rudal balistik dan pesawat tanpa awak (drone) milik pemberontak Houthi. Berbeda dari sebelumnya, serangan terbaru ditargetkan ke warga sipil.

Juru bicara Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi, Kolonel Turki al-Maliki, mengonfirmasi serangan tersebut. Dia menjelaskan ada dua rudal balistik serta enam drone yang secara sengaja diarahkan ke pemukiman dan infrastruktur sipil.

Dari hasil investigasi otoritas militer Arab Saudi, serangan tersebut dilancarkan milisi Houthi dari ibu kota Yaman, Sanaa.

"Milisi teroris Houthi sengaja meningkatkan permusuhan dengan menargetkan warga sipil dan infrstruktur sipil di negara-negara tetangga Yaman dengan menggunakan rudal balistik dan drone," kata Al-Maliki dikutip dari Arab News, Senin (13/7/2020).

Al-Maliki memastikan Pemerintah Arab Saudi tidak akan berdiam diri menyikapi ancaman keamanan yang terus dilancarkan milisi Houthi.

"Koalisi dan mengambil langkah-langkah operasional yang diperlukan untuk menghentikan aksi-aksi teroris ini, sesuai dengan hukum humaniter internasional dan aturan biasanya," lanjutnya.

Milisi Houthi dalam lima tahun terakhir menargetkan berbagai sejumlah fasilitas vital Saudi mulai dari kilang minyak, pipa minyak, pangkalan militer, pusat industri dan terbaru pemukiman dan fasilitas warga sipil.

Pada Juni lalu, Houthi mengklaim telah meluncurkan misil yang menyasar ibu kota Arab Saudi, Riyadh. Namun, serangan tersebut diklaim berhasil dirontokan sebelum mendekat target.

Editor : Arif Budiwinarto