Arab Saudi Pantau Karantina 14 Hari Jemaah Haji melalui Gelang Elektronik

Anton Suhartono ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 19:03 WIB
Arab Saudi Pantau Karantina 14 Hari Jemaah Haji melalui Gelang Elektronik

Seluruh jemaah diwajibkan menjalani karantina 14 hari setelah prosesi haji (Foto: AFP)

JEDDAH, iNews.id - Seluruh jemaah haji diharuskan menjalani karantina mandiri selama 14 hari setelah pelaksanaan ibadah, baik di hotel maupun sekembalinya ke rumah masing-masing. Gelang elektronik yang mereka gunakan akan menjadi petunjuk bagi pihak berwenang untuk melacak posisi.

Melalui gelang tersebut, petugas juga bisa mengecek kondisi kesehatan para jemaah melalui aplikasi 'Tatamman', seperti dilaporkan Arab News, Selasa (4/8/2020).

Sebelum pelaksanaan haji, para jemaah juga menjalani karantina meskipun waktunya tak sepanjang setelah kepulangan. Langkah ini diterapkan demi mencegah potensi penyebaran virus corona. Meski demikian, otoritas kesehatan Arab Saudi sebelumnya memastikan tak ada jemaah yang terinfeksi corona selama prosesi Rukum Islam Ke-5 itu.

Seluruh jemaah menyelesaikan prosesi haji yakni tawaf wada atau tawaf perpisahaan pada Minggu (2/8/2020). Saat melakukan tawaf wada, jemaah memasuki Masjidil Haram melalui pintu-pintu yang telah ditunjuk. Mereka diharuskan mengikuti jalur khusus yang ditandai untuk menjaga jarak fisik.

Begitu tawaf selesai, sebagian jemaah dibawa ke hotel masing-masing untuk menjalani isolasi diri. Namun sebagian besar pulang ke kota asal untuk menjalani isolasi di rumah masing-masing selama 2 pekan.

Kasus virus corona di Arab Saudi terus menurun. Penambahan kasus infeksi yang tercatat di bawah 2.000 orang selama 10 hari berturut-turut.

Pada Senin (3/8/2020), Saudi mengonfirmasi penambahan 1.258 kasus baru Covid-19, sehingga total penderita menjadi 280.093 orang. Dari jumlah itu, terdapat 35.091 kasus aktif di mana enam pasien di antaranya dalam kondisi kritis.

Saudi juga melaporkan penambahan 32 kasus kematian, sehingga totalnya menjadi 2.949 korban meninggal.

Editor : Anton Suhartono