Arkeolog Israel Ungkap Penemuan Fragmen Gulungan Laut Mati, Ini Isinya

Anton Suhartono ยท Rabu, 17 Maret 2021 - 15:14:00 WIB
Arkeolog Israel Ungkap Penemuan Fragmen Gulungan Laut Mati, Ini Isinya
Peneliti Israel menunjukkan fragmen Gulungan Laut Mati (Foto: AP)

YERUSALEM, iNews.id - Peneliti Israel mengungkap puluhan fragmen Gulungan Laut Mati berisi naskah Al Kitab berusia hampir 2.000 tahun. Temuan ini bisa mengungkap sejarah Yahudi, kehidupan Kristen di masa awal, serta manusia kuno.

Fragmen perkamen atau media tulis dari kulit hewan, berukuran mulai dari beberapa milimeter, merupakan yang pertama ditemukan dalam 60 tahun terakhir setelah para peneliti menggali Gurun Yudea. 

Ini merupakan bagian dari proyek nasional Israel selama 4 tahun untuk mencegah penjarahan lebih lanjut terhadap barang antik di gua-gua terpencil serta celah-celah gurun di bagian timur dan tenggara Yerusalem, melintasi perbatasan Israel dan daerah pendudukan Tepi Barat, Palestina.

Proyek ini telah mengungkap banyak penemuan benda langka dan bersejarah, termasuk keranjang anyaman besar beserta penutup yang diperkirakan berusia sekitar 10.500 tahun yang kemungkinan tertua di dunia. 

Para arkeolog juga menemukan kerangka seorang anak yang diperkirakan hidup 6.000 tahun lalu, sebagian tubuhnya dimumikan serta dibungkus kain, dikubur dalam posisi seperti janin di rahim.

“Tim menunjukkan keberanian, dedikasi, serta pengabdian luar biasa pada tujuan kami, turun ke gua-gua yang berada di antara langit dan bumi,” kata Israel Hasson, direktur Otoritas Purbakala Israel, dikutip dari The New York Times, Rabu (17/3/2021).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3