AS Akan Beri Bantuan Rp3,4 Triliun untuk Palestina

Djairan ยท Kamis, 08 April 2021 - 07:08:00 WIB
AS Akan Beri Bantuan Rp3,4 Triliun untuk Palestina
Palestina akan menerima bantuan dari Pemerintah AS. (Foto Reuters).

WASHINGTON, iNews.id - Pemerintah Amerika Serikat (AS) berencana memberikan bantuan setidaknya 235 juta dolar AS atau sekitar Rp3,4 triliun untuk Palestina. Jumlah itu lebih banyak dari nominal yang direncanakan sebelumnya.

Nota yang dikirim oleh pemerintah AS ke kantor-kantor kongres menyebut paket bantuan meliputi bantuan kemanusiaan, ekonomi dan keamanan. Bantuan ini terdiri atas 150 juta dolar AS melalui badan bantuan PBB untuk pengungsi UNRWA, 75 juta dolar AS bantuan ekonomi dan 10 juta dolar AS pendanaan pembangunan.

Rencana ini akan menjadi langkah paling signifikan yang dilakukan Presiden AS Joe Biden sejak menjabat pada 20 Januari lalu. Biden sebelumnya berjanji merombak cara pendekatan pendahulunya Donald Trump yang dikecam oleh warga Palestina, karena dinilai lebih berpihak kepada Israel.

Para pembantu Biden mengisyaratkan bahwa AS ingin menetapkan kembali tujuan negosiasi dalam konflik Palestina-Israel. Salah satu upaya itu dengan membuka kembali misi diplomatik Palestina di Washington.

Hal itu jauh berbeda dengan kebijakan era Trump yang memblokir hampir semua bantuan, setelah memutuskan hubungan dengan Otoritas Palestina pada 2018. Langkah tersebut dinilai Palestina sebagai upaya Trump untuk menekan posisinya sebagai suatu negara.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2