AS Bakal Buka Lagi Konsulat untuk Palestina di Yerusalem, Israel: Itu Tak Akan Terjadi!

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 24 Oktober 2021 - 17:19:00 WIB
AS Bakal Buka Lagi Konsulat untuk Palestina di Yerusalem, Israel: Itu Tak Akan Terjadi!
Kota Yerusalem di Palestina. (Foto: Dok.)

PALESTINA, iNews.id – Rencana AS untuk membuka kembali konsulat atau misi diplomatiknya untuk Palestina di Yerusalem terus mendapat pertentangan dari Israel. Wakil Menteri Luar Negeri Israel, Idan Roll mengatakan, Amerika harus membatalkan rencana tersebut.

“Saya yakin, saya punya alasan bagus untuk berpikir bahwa (rencana pembukaan kembali kantor misi AS untuk Palestina) ini tidak akan terjadi. Amerika memahami kompleksitas politiknya. Kami memiliki hubungan yang sangat baik,” kata Roll kepada stasiun televisi Israel, Ynet TV, Minggu (14/10/2021).

Sampai berita ini dibuat, juru bicara Kedutaan Besar AS di Yerusalem belum dapat dihubungi wartawan untuk dimintai komentar terkait pernyataan Roll tersebut.

Konsulat Amerika Serikat di Yerusalem dulu berperan sebagai kantor diplomatik Washington DC untuk Palestina. Namun, sejak 2018 konsulat itu telah dimasukkan atau dilebur ke dalam Kantor Kedutaan Besar AS untuk Israel—yang dipindahkan mantan Presiden Donald Trump dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Palestina mengutuk keras keputusan Trump kala itu dan membatalkan setiap perundingan damai dengan Israel yang dimediasi oleh AS. 

Sementara itu, Presiden Joe Biden tampaknya berniat untuk memperbaiki kembali hubungan AS dengan Palestina. Politikus Partai Demokrati itu juga ingin membangun rasa saling percaya dengan Palestina. Salah satu langkah untuk mewujudkannya adalah dengan membuka kembali konsulat tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: