UNESCO Adopsi 2 Resolusi Pro-Palestina, Lindungi Situs Sejarah Yerusalem Timur dari Israel

Anton Suhartono, Antara ยท Kamis, 14 Oktober 2021 - 21:46:00 WIB
UNESCO Adopsi 2 Resolusi Pro-Palestina, Lindungi Situs Sejarah Yerusalem Timur dari Israel
UNESCO mengadopsi 2 resolusi baru yang pro-Palestina (Foto: Reuters)

RAMALLAH, iNews.id - Badan PBB Organisasi Pendidikan Keilmuan dan Kebudayaan UNESCO mengadopsi dua resolusi baru yang pro-Palestina. Resolusi ini disampaikan dalam sidang dewan eksekutif ke-212 di Paris, Prancis pada Rabu lalu.

Kementerian Luar Negeri Palestina menegaskan resolusi mengenai pendudukan wilayah Palestina oleh Israel serta tentang lembaga kebudayaan dan pendidikan disetujui dengan suara bulat oleh semua anggota dewan eksekutif UNESCO.

Resolusi itu menegaskan status Yerusalem Timur sebagai kota pendudukan dan menyerukan kepada Israel agar segera menghentikan tindakan ilegal mereka di kota suci Yerusalem.

Selanjutnya Kemlu Palestina meminta komunitas internasional dan UNESCO untuk menekan Israel agar menghentikan aksi ilegal dan upaya untuk merusak secara sengaja warisan kebudayaan Palestina.

Mereka juga mendesak komunitas internasional agar mengambil langkah konkret guna memastikan implementasi resolusi UNESCO yakni mengenai pendudukan Palestina, lembaga pendidikan dan kebudayaan di wilayah pendudukan Arab, serta terkait dengan Al Haram Al Sharif, Kota Tua Yerusalem, Masjid Ibrahim, dan kota tua Hebron.

Masyarakat internasional didesak untuk menuntut Israel agar menghentikan penggalian ilegal di Yerusalem.

Israel secara resmi keluar dari UNESCO pada 1 Januari 2019. Penarikan itu sebagai bentuk protes setelah Negeri Yahudi menuduh UNESCO pro-Palestina. Bersama Israel, Amerika Serikat juga menarik diri dari badan PBB tersebut yakni di masa pemerintahan Donald Trump.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: